8 Jenis Jam Tangan Pria: Ekspresif dan Berkarakter

Jam tangan, selain fungsinya sebagai penunjuk waktu, sebenarnya adalah salah satu aksesoris pria yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, value diri, sekaligus memperkuat karakter. Dalam hal ini, jam tangan pria itu selevel dengan tas pada wanita, sebagai statement wear. Jadi, untuk kesempurnaan penampilan kamu, mengetahui jenis-jenis jam adalah hal yang wajib agar kesan yang ingin kamu gambarkan dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara atau rekan bisnismu.

Untuk produk jam tangan pria terbaik, coba cek di sini!

Karena fungsinya sebagai statement wear, sebelumnya kamu harus tahu mengapa jam tangan memiliki jenis yang berbeda-beda dan harus dikenakan pada suasana yang serasi untuk meningkatkan value kamu. Dan sebagai permulaan, jenis jam tangan yang dimaksud di sini itu bukan membahas mesinnya atau tampilan user interfacenya ya! Kalau itu mah simpel: kalau enggak analog ya digital. Lebih dari itu, jenis-jenis jam lebih berbicara tentang karakternya!

Sebagai contoh, ketika kamu akan ketemu klien dan ngobrol tentang bisnis, formal watch atau causal watch adalah pilihan yang tepat. Namun jika kamu lebih ingin menggambarkan diri sebagai pemuda yang dinamis, sport watch atau smart watch adalah jenis jam yang harusnya kamu kenakan. Sudah kebayang kan?

8 Jenis Jam Tangan Pria: Ekspresif dan Berkarakter

Nah, untuk lengkapnya, simak jenis-jenis jam tangan pria berikut ini:

  1. Casual Watch

Jenis pertama ini adalah yang paling sering ditemui. Baik bertipe analog atau digital, jam tangan jenis ini identik dengan strap kulit berwarna gelap dengan desain rangka yang simpel. Meskipun terkesan sederhana, nilai kasual dan adaptable yang didapat dari jam jenis ini juga membantu meningkatkan kharisma juga loh! Selain itu, menggunakan jam ini di kegiatan normal juga cenderung aman, bahkan jika kamu gunakan untuk olahraga ringan seperti billiard atau catur.

  1. Dress Watch or Formal Watch

Berbeda dengan jenis casual watch, jam bertipe dress watch ini memiliki strap rantai metal berukuran sedang menuju besar, dengan bahan stainless steel. Warnanya juga didominasi oleh warna tunggal, antara silver, gold, atau hitam. Menggunakan jam jenis ini memberikan kesan klasik dan elegan. Oleh sebab itu, umumnya jam jenis ini menggunakan mesin analog. Jam tangan jenis ini sempurna untuk pakaian formal, dan kurang cocok untuk tampilan kasual.

  1. Chronograph Watch

Pernah dengar atau baca tulisan “chronograph” pada jam tangan? Sebenarnya, jam jenis ini berarti bahwa selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan ini juga memiliki fungsi stopwatch. Secara fungsi, memang ada satu upgrade. Tapi sebagai penguat karakter, jam ini sama sekali tidak menghilangkan kesan elegan, tapi juga mempertahankan nilai kasual. Karena mengandalkan mesin analog, biasanya jam ini dipakai oleh pengajar senior, dosen, atau petinggi administrasi, dengan desain kerangka metal yang cukup besar, jarum yang banyak, dan disertai strap yang simpel.

  1. Quartz Watch

Tulisan “quartz” juga sering kali terlihat pada beberapa jam tangan analog. Sebenarnya, quartz berarti bahwa jam ini ditenagai oleh quartz, bukan dari batrai jam biasa. Dengan teknologi ini, Quartz watch bisa lebih awet, detiknya lebih lembut, dan mayoritas dapat tahan air dengan intensitas ringan. Jam tangan jenis ini biasanya memiliki strap rantai yang kecil menuju sedang.

  1. Sport Watch

Sesuai namanya, jam tangan ini adalah produk yang paling tepat dipilih bagi kamu yang memiliki hobi olah raga, baik ringan atau ekstrem, atau yang ingin memberikan kesan dinamis. Jam ini umumnya memiliki mesin digital atau campuran agar mudah menunjukkan informasi terkait waktu, saat sedang berolahraga. Desain dari jam jenis ini cenderung berani, dengan kombinasi warna yang agak kontras. Meskipun terkadang berwarna monokrom, desain kerangka yang besar dan tebal tetap memberikan kesan kokoh bagi kamu yang memakainya.

  1. Smart Watch

Jam tangan yang paling lengkap secara fungsi, yang paling berjiwa muda, serta menunjukkan fleksibilitas tanpa batas. Dengan menampilkan banyak desain dan fitur khusus, jam ini secara umum dapat kamu gunakan sehari-hari atau pada aktifitas tertentu seperti olahraga. Dengan ragam yang kian banyak, kamu juga harus hati-hati dalam mengombinasikan dengan gaya busanamu.

  1. Specialized Watch

Sederhananya, jam tangan ini adalah jam tangan yang diproduksi khusus untuk kegiatan atau kepentingan tertentu, seperti jam tangan khusus penyelam ataupun astronaut. Biasanya berdesain lebih gahar dari sport watch, tapi karena harganya yang gila, jam tangan jenis ini jarang ditemui di pasaran.

  1. Luxury Watch

Terakhir, adalah jam tangan yang dimiliki hanya untuk memenuhi egoisme. Biasanya jam tangan ini didesain dengan tambahan pernak-pernik berlian, emas 24 karat, atau tambahan-tambahan yang sama sekali tidak menambah fitur. Memang menggunakan jam tipe ini akan serta merta meningkatkan confident level dan karaktermu secara drastis. Tapi, jam tipe ini kebanyakan diproduksi hanya untuk bahan pajangan atau koleksi.

Itulah jenis-jenis jam tangan pria yang bisa kamu pilih-pilih dan sesuaikan dengan kesan yang ingin kamu tampilkan. Meskipun karakter diri tidak hanya dibentuk dari sekedar penampilan, semoga artikel ini tetap bermanfaat ya!