Mengenal Hanbok, Baju Korea Selatan yang Cantik dan Unik

Bagi para penggemar budaya Korea, baik itu yang senang menonton drama atau mendengarkan lagu-lagu K-Pop tentunya tak asing lagi dengan Hanbok, baju korea tradisional yang cantik dan unik.

Hanbok merupakan pakaian tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Korea Selatan. Nama Hanbok berasal dari dua kata, yaitu ‘Han’ (Korea), dan ‘bok’ (pakaian). Jadi arti hanbok secara bahasa sendiri adalah pakaian atau baju korea. Meski begitu, gaya pakaian ini sebenarnya mengacu pada gaya Dinasti Joseon yang dipakai ketika acara formal, semi formal, juga dalam acara festival dan perayaan tradisional.

Masyarakat Korea Selatan sangatlah bangga ketika mengenakan Hanbok dikarenakan pakaian ini menjadi sebuah identitas kebangsaan dan tradisi mereka. Hanbok sebenarnya memiliki warna dasar putih, akan tetapi pada saat hari-hari khusus, Hanbok yang dikenakan lebih sering berwarna-warni yang kemudian dipadukan dengan kaos kaki serta sepatu sutra.

Dan untuk menyesuaikan perkembangan zaman, Hanbok kini telah dikembangkan menjadi versi yang lebih modern, sehingga masyarakat Korea pun dapat menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Secara umum, Hanbok yang sering dikenakan saat ini mempunyai warna cerah, garisnya sederhana dan tidak mempunyai saku. Hanbok untuk laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga : BLOGGER KOREAN STYLE

Hanbok untuk Wanita

Hanbok untuk wanita terdiri dari dua bagian, yaitu Jeogori (atasan) dan Chima (rok). Untuk bagian atas, memiliki panjang hingga sebatas pinggang dan memiliki ikatan yang menghubungkan bagian belakang dan bagian depan. Sedangkan untuk bagian rok memiliki bentuk bulat yang mengembang dan memiliki panjang hingga mata kaki. Untuk memudahkan penggunaan, saat ini juga telah didesain rok hanbok dengan gaya u can see untuk memudahkan penggunaannya. Bentuk Hanbok yang mengembang dan longgar adalah untuk menyembunyikan lekuk tubuh pemakaianya, Hal ini sesuai dengan ajaran Korea zaman dulu.

Bentuknya yang longgar ini juga membuat penggunanya lebih leluasa ketika bergerak, seperti ketika berjalan atau ketika melakukan pekerjaan rumah tangga. Tambahan lain untuk Hanbok ini adalah adanya Otgoreum atau Cloth string yang berupa pita yang melintang pada rok.

Hanbok untuk Pria

Hanbok untuk pria ukuran atasannya sepanjang pinggang, bahkan kadangkala lebih panjang. Dan untuk mengaitkan pakaian antara bagain kanan dan kiri juga menggunakan pita yang ada di depan dada.

Perbedaan mendasar lainnya dari Hanbok Pria dan Hanbok Wanita adalah pada cara penyimpulan pita. Jika pada wanita, sisa simpul pita lebih panjang dan menjuntai, serta berada pada sebelah kiri, maka untuk pita simpul pada hanbok pria tidak ada bagian yang menjuntai. Sedangkan untuk bagian bawahnya, Handbok pria menggunakan baji atau celana yang longgar sehingga memudahkan aktifitas dan tentunya lebih nyaman.

Hanbok sebagai baju korea tradisional memang menjadi booming beberapa tahun terakhir, dan bagi para penggemar budaya Korea yang ingin memiliki hanbok pun kini bisa membuatnya sendiri, atau bisa juga mengenakannya ketika ada festival budaya Korea yang seringkali menyediakan penyewaan Hanbok.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *