6 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Tepat

Sepatu kulit merupakan salah satu jenis sepatu yang sangat esensial untuk dimiliki, terutama untuk kaum pria. Sepatu kulit yang bagus tentunya akan mendukung penampilan Anda di acara formal supaya tetap terlihat lebih keren.

6 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Tepat

Namun, memiliki sepatu kulit harus diimbangi dengan perawatan yang intensif agar kondisi sepatu kulit Anda tetap awet dan bagus. Berikut ini beberapa cara merawat sepatu kulit dengan mudah yang dapat Anda coba.

  • Kenali Jenis Sepatu Kulit Anda

Sebelum melakukan perawatan, sebelumnya Anda harus mengetahui jenis kulit yang dipakai sepatu Anda karena intensitas perawatan yang tepat dapat berbeda-beda. Bahan kulit mempunyai berbagai tingkat keelastisan, ketahanan, dan kelembabannya. Biasanya, bahan kulit yang bagus seperti full-grain tahan lebih lama dan mempunyai elasitas yang bagus jauh dibandingkan bahan kulit lainnya apabila dibarengi dengan perawatan yang Top grain juga tahan lama.

  • Hindari Udara Lembab Untuk Penyimpanan Sepatu Kulit

Cara merawat sepatu kulit yang kedua yaitu menghindari penyimpanan sepatu kulit dari udara kembab. Karena udara lembab dapat menyebabkan sepatu kulit lapuk dan berjamur. Sebaiknya letakkan sepatu kulit kembali ke kotaknya beserta dengan silica gel.

  • Letakkan Sepatu Kulit dengan Rapi

Kelalaian dalam menata posisi sepatu bisa menjadikan tekstur sepatu kulit Anda cepat rusak. Jika diletakkan di rak, pastikan sepatu kulit diletakkan berjarak dengan septu lainnya untuk menghindari noda baret permanen akibat gesekan dengan sepatu lain.

  • Membuat Sepatu Kulit Tahan Air

Di beberapa toko sepatu kulit, biasanya ada yang menyediakan spray-on waterproofing yang berfungsi untuk melapisi sepatu kulit Anda dari air. Cara merawat sepatu kulit ini Anda hanya perlu menyemprot ke seluruh bagian sepatu Anda dan tunggu hingga 30 menit. Tetapi, alangkah baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan spray ini, untuk membuat kulit disepatu Anda bernafas.

  • Apabila basah, Cukup Keringkan dengan Sinar Matahari

Sebaiknya jika sepatu kulit Anda basah keringkan dibawah sinar matahari daripada mengeringkan dengan hairdryer. Tetapi, harus diperhatikan juga bahwa sinar matahari yang terlalu panas juga akan mengakibatkan tekstur kulit menjadi pecah. Jadi jemurlah sepatu kulit dibawah terik sinar matahari yang tidak terlalu panas. Apabila Anda harus memakai hairdryer, tutupilah sepatu dengan selembar koran supaya panas yang didapatkan tidak terlalu banyak.

BACA JUGA: BERIKUT BERBAGAI PILIHAN MATERIAL BERKUALITAS DAN NYAMAN UNTUK SEPATU BOOTS

  • Rajin Menyemir Sepatu Kulit

Guna mempercantik sepatu kulit Anda dan membuat warnanya cemerlang, pakailah semir sepatu yang sudah terpercaya dan tidak merusak untuk menjadikan warnanya lebih bagus. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling miirp dengan sepatu Anda. Dan jangan lupa untuk menyemirnya satu arah supaya warna yang dihasilkan terlihat lebih alami.

Nah, itulah beberapa cara merawat sepatu kulit agar sepatu yang Anda miliki tetap terlihat bagus dan nyaman ketika digunakan. Sebaiknya lakukan semua tips diatas agar menghasilkan hasil yang maksimal.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *