Artikel Fashion Dunia: Sosok dan Karir ‘Karl Otto Lagerferld’

Artikel Fashion – Karl Otto Lagerfeld, lahir pada 10 September 1933 adalah seorang desainer terkenal asal Jerman. Dia juga dikenal sebagai perancang busana, artis dan fotografer yang berbasis di Paris. Dia adalah kepala desainer dan direktur kreatif rumah mode Chanel serta rumah mode  Italia Fendi dan label fashion eponymous . Lagerfeld juga memiliki merek tersendiri bernama Karl Lagerfeld.

Selama beberapa dekade, ia telah berkolaborasi pada berbagai fashion dan proyek-proyek yang berhubungan dengan seni. Dia juga diakui di seluruh dunia untuk rambut putihnya sebagai ikon merek dagangnya, kacamata hitam- hitam, dan kerah kaku yang tinggi.

Masa muda:

Lagerfeld lahir pada 10 September 1933 di Hamburg, Jerman dan merupakan anak dari pengusaha Otto Lagerfeld (1881-1967), dan istrinya Elisabeth Bahlmann (1897-1978). Ayahnya memiliki sebuah perusahaan yang memproduksi  impor susu evaporated, sementara kakeknya Karl Bahlmann adalah seorang politisi lokal untuk Partai Pusat Katolik. Setelah menghadiri sekolah swasta, Lagerfeld selesai sekolah menengah di Lycée Montaigne di Paris, di mana ia mengambil jurusan menggambar dan sejarah.

Awal karir di dunia fashion:

Karl Lagerfeld pada mulanya bekerja sebagai asisten Pierre Balmain setelah memenangkan kategori mantel dalam kompetisi desain yang disponsori oleh Sekretariat Wool Internasional pada tahun 1955. Pada tahun 1958, setelah tiga tahun di Balmain, ia pindah ke Jean Patou di mana dia mendesain dua haute couture koleksi per tahun untuk lima tahun.

Koleksi pertamanya ditunjukkan dalam presentasi dua jam pada bulan Juli 1958, namun ia menggunakan nama Roland Karl, daripada Karl Lagerfeld. Meskipun, pada tahun 1962,  para wartawan artikel fashion mulai merujuk kepada nama aslinya sebagai Karl Lagerfelt atau Karl Logerfeld. Koleksi pertama kurang diterima. Carrie Donovan, seorang jurnalis mode Amerika, menulis bahwa “pers mengkritik koleksi rancangannya”.  Wartawan melanjutkan dengan mengatakan: “Beberapa gaun koktail hitam pendek dipotong sehingga terbuka lebar di depan yang bahkan beberapa wartawan perempuan tersentak cocktail dan gaun malam lain fitur rendah, punggung berpotongan rendah.” Yang paling menarik, Karl mengatakan bahwa siluet desain untuk musim ini disebut dengan huruf “K” untuk Karl, yang diterjemahkan ke dalam garis lurus di depan, melengkung  di pinggang di belakang, dengan kepenuhan rendah untuk rok.

Akhir tahun 1960 pada koleksi selanjutnya, ia  mendesain topi kecil khusus, pancake berbentuk lingkaran dari satin, yang tergantung di pipi. Koleksi Karl tersebut diterima dengan baik tapi tidak inovatif. “Saya menjadi bosan di sana, juga, dan aku berhenti dan mencoba untuk kembali ke sekolah, tapi itu tidak bekerja, jadi saya menghabiskan dua tahun sebagian besar pada pantai-kurasa aku belajar hidup.”

Pada tahun 1963, ia mulai merancang untuk Tiziani, rumah Roman couture yang didirikan tahun itu oleh Evan Richards (b. 1924) dari Jacksboro, Texas.  Koleksi Chloé nya untuk musim semi 1973 (ditampilkan pada bulan Oktober 1972) mengumpulkan berita artikel fashion utama untuk menawarkan sesuatu yang baik dalam perkembangan fashion. Dia menampilkan  dan menunjukkan jaket Spencer longgar dan dicetak sutra kemeja-jaket.

Dia merancang sesuatu yang disebut “kejutan” rok, yang di pergelangan kaki-panjang, sutra lipit, sehingga longgar yang menyembunyikan fakta itu sebenarnya celana. “Tampaknya bahwa memakai rok ini adalah sensasi yang luar biasa,” katanya kepada wartawan pada saat itu. Ia juga merancang tampilan terinspirasi oleh Carmen Miranda, yang terdiri dari gaun mini bra dengan rok sangat pendek, dan gaun panjang dengan atasan bra dan syal syal. Dari tahun 1972, ia bekerja sama dengan rumah mode Italia Fendi, merancang bulu, pakaian, dan aksesoris.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *