Artikel Fashion: Sosok dan Kiprah Dari Desainer Tom Ford

Artikel fashion kali ini kami akan menulis sosok dan kiprah Tom Ford sebagai sosok perancang busana yang cukup berpengaruh bagi perkembangan fashion. Ia adalah direktur kreatif Gucci dan Yves Sain Laurent, merek fashion dunia.

Thomas Carlyle “Tom” Ford, lahir 27 Agustus 1961 di Texas, Amerika Serikat. Selain sebagai desainer papan atas dunia ia juga adalah seorang produser, perancang busana, sutradara film, penulis skenario dan film. Ia memperoleh ketenaran sebagai direktur kreatif di Gucci dan Yves Saint Laurent. Pada tahun 2006, Ford meluncurkan sendiri “Tom Ford” label. Ford juga pernah menjadi sutradara film A Single Man (2009)  dan Nocturnal Animals (2016), yang masuk dalam nominasi Oscar.

Pada usia 16, ia terdaftar di Bard College di Simon Rock, tapi dengan cepat putus sekolah di tengah jalan.  Lalu  Dia pindah ke New York City untuk belajar sejarah seni di New York University (NYU). Ford keluar dari NYU setelah satu tahun, dengan fokus pada akting dalam iklan televisi. Ford mulai belajar arsitektur interior di seni dan desain di The New School, Parsons The New School for Design. Sebelum tahun terakhirnya di New School, Ford menghabiskan setengah tahun di Paris, di mana ia bekerja sebagai magang di kantor pers Chloé ini inspirasi minatnya dalam fashion dan sering membaca artikel fasion di majalah-majalah. Dia menghabiskan tahun terakhirnya di The New School belajar fashion, tapi lulus dengan gelar di bidang arsitektur.

Pada tahun 1988, Ford pindah ke Perry Ellis, di mana ia tahu  Robert McDonald, sebagai presiden perusahaan, dan Marc Jacobs, perancangnya. Dia bekerja di perusahaan selama dua tahun, tapi bosan bekerja di dunia mode Amerika. Dalam sebuah wawancara kemudian dengan The New York Times, ia berkomentar, “Jika aku menjadi desainer yang baik, saya harus meninggalkan Amerika. budaya saya sendiri yang menghambat saya. terlalu banyak gaya norak di Amerika. Ini dipandang rendah terlalu stylish. Eropa, bagaimanapun, menghargai gaya. “

Baca juga: Berita Seputar Dunia Fashion: Riwayat Desainer Legendaris Cristian Dior

Pada saat itu, rumah mode Italia Gucci sedang berjuang secara finansial dan berusaha untuk memperkuat kehadiran model perempuan-nya sebagai bagian dari perombakan merek. Lalu direktur kreatif perusahaan, Dawn Mello mengatakan, “tidak ada yang akan bermimpi mengenakan Gucci”. Pada tahun 1990, Mello menyewa Ford sebagai pekerja yang cukup penting di Gucci, dan Ford pindah ke Milan.  “Saya sedang berbicara dengan banyak orang, dan sebagian besar tidak menginginkan pekerjaan itu,” kata Mello. “Untuk seorang desainer Amerika untuk pindah ke Italia untuk bergabung dengan perusahaan yang jauh dari merek  telah cukup berisiko.” Lalu Ford pindah ke Milan bulan September.

Peran Ford di Gucci cepat berkembang; ia merancang busana pria dalam waktu enam bulan, dan sepatu. Ketika Richard Lambertson meninggalkan sebagai direktur desain pada tahun 1992, Ford mengambil alih posisinya  untuk membuat perubahan pada Gucci. Pada tahun 1993, ketika ia bertugas merancang sebelas lini produk, Ford bekerja delapan belas jam sehari. Selama tahun ini, ada ketegangan kreatif antara Ford dan Maurizio Gucci, ketua perusahaan dan pemilik 50%. Menurut Mello, “Maurizio selalu ingin segalanya untuk menjadi bulat dan coklat, dan Tom ingin membuat persegi dan hitam.”

Pada tahun 1994, Ford dipromosikan menjadi Direktur Kreatif Gucci. Pada tahun pertamanya di helm, ia memperkenalkan hipsters beludru Halston stylish, dan kemeja satin kurus. Pada tahun 1995, ia membawa  stylist Prancis Carine Roitfeld dan fotografer Mario Testino untuk membuat serangkaian kampanye iklan baru bagi perusahaan.  Antara tahun 1995 dan 1996, penjualan di Gucci meningkat drastic 90%. Dan ini menjadi liputan di dalam majalah artikel fashion di Italia. Pada satu titik, Ford merupakan pemegang saham individu terbesar dari saham Gucci . Pada tahun 1999, rumah mode ,yang telah hampir bangkrut ketika Ford bergabung, kini menjelma menjadi rumah mode yang paling populer.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *