Beberapa Motif yang Ada Pada Batik Solo

Untuk mengenali batik dan daerah asalnya, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dari motif batik tersebut. Biasanya setiap daerah akan mempunyai motif yang berbeda dan juga dengan penjelasan dan filosofi yang berbeda. Oleh karena itulah tidak heran apabila setiap daerah mempunyai motif dan juga ciri-ciri sendiri. Misalnya saja batik yang berasal dari daerah Solo juga mempunyai motif sendiri yang akan menjadi perbedaan dengan batik daerah lainnya. Adapun beberapa motif batik Solo yang menjadi ciri khasnya adalah:

Beberapa Motif yang Ada Pada Batik Solo

  • Motif batik slobog

Motif pertama yang ada batik slobog yang mempunyai arti besar atau longgar. Batik dengan motif yang satu ini biasanya digunakan untuk orang melayat. Dimana makna yang ada dalam motif yang satu ini adalah mendoakan agar arwah orang yang meninggal dapat untuk diterima kebaikannya dan juga tidak mendapatkan halangan apapun untuk menempuh jalan yang damai tersebut. Motif ini mempunyai pola seperti jam pasir dan mempunyai warna yang lebih redup seperti biru tua.

  • Motif sidomukti

Untuk pilihan motif batik Solo selanjutnya yang ada adalah motif sidomuktif. Dimana motif batik yang satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan mudah ditemui di pasaran. Banyak orangtua jaman dahulu yang menggunakannya untuk pakaian atau yang sering disebut dengan jarek menggunakan motif yang satu ini. Batik motif sikomukti ini juga sering digunakan oleh mempelai pada acara pernikahan. Dimana hal tersebut diambil dari kata sidomukti sendiri yaitu sido yang berarti berkelanjutan dan mukti berkecukupan. Sehingga diharapkan kain batik sidomukti ini dapat memberikan harapan ketika digunakan pada acara pernikahan akan mendapatkan kehidupan yang berkecukupan ketika berumah tangga.

  • Motif truntum

Motif batik yang berasal dari Solo selanjutnya yang terkenal adalah motif truntum. Batik ini biasanya digunakan oleh orangtua pengantin dan sesuai dengan filosofinya. Dimana kata truntum sendiri mempunyai arti menuntun. Sehingga pernikahan yang sedang berlangsung dapat untuk membuat anaknya bahagian seperti orangtuanya yang menuntun anak ke kehidupan yang lebih baik. Pernikahan tersebut juga dapat untuk membuat pasangan menjadi keluarga yang bahagia dan berkecukupan.

SIMAK JUGA TIPS MEMILIH BAJU BATIK COUPLE SARIMBIT TIDAK NORAK

  • Motif bondhet

Ada juga motif batik bondhet yang merupakan motif dengan pola yang cukup rumit. Motif ini sendiri digunakan oleh pengantin perempuan ketika malam pertama dan juga mempunyai beberapa motif batik Solo pada motif bondhet ini. Seperti batik sido asih yang mempunyai motif geometris dengan bentuk segi empat. Batik ratu ratih yang mempunyai motif gambaran yang mulia ratu, batik parangkusumo yang mempunyai bentuk senjata tajam, motif batik bokor kencana dengan geometris, dan juga batik sekar jagad yang mempunyai arti bunga dunia.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *