Cara Mengembalikan Warna Celana Jeans Pria yang Pudar

Celana jeans adalah salah satu item fashion favorit, terutama kaum pria. Oleh karena itu banyak yang menggunakan jeans setiap hari hingga warnanya pudar. Jika ingin membeli baru terasa mahal, maka cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengembalikan warna jeans pria yang pudar dengan menggunakan wenter.

Wenter merupakan pewarna pakaian yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk mengembalikan warna pakaian yang pudar. Wenter atau yang disebut juga dengan wantek ini memiliki warna yang beragam, harganya pun sangatlah murah. Satu bungkusnya hanya Rp 2.000,- saja. Apabila ingin mengembalikan warna jeans pria seperti baru, maka pilih wenter berwarna biru sebanyak 2 bungkus. Dan untuk cara pewarnaannya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci Pakaian

Sebelum diwarnai dengan wenter atau wantek, cuci pakaian hingga bersih terlebih dahulu lalu keringkan. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran pada celana jeans hilang sebelum dilakukan pewarnaan.

  1. Siapkan Wajan atau Panci

Untuk tempat pewarnaan, siapkan wajan atau panci berukuran besar agar jeans bisa muat ketika dimasukkan ke dalamnya.

  1. Masak Air

Langkah selanjutnya adalah masukkan air ke dalam panci hingga cukup menenggelamkan keseluruhan jeans apabila direndam ke dalamya. Letakkan panci berisi air ke atas kompor, lalu masak hingga mendidih.

  1. Masukkan Wenter

Apabila air sudah mendidih, selanjutnya masukkan satu bungkus wenter ke dalam air, kemudian campurkan dengan dua sendok makan garam dapur, kemudian aduk-aduk hingga merata.

  1. Masukkan Celana Jeans

Masukkan celana jeans yang akan diwarnai dengan wenter hingga tenggelam keseluruhan bagian ke dalam air yang sudah dituang wenter. Perhatikan api kompor, jangan terlalu besar, namun juga jangan terlalu kecil

  1. Aduk Jeans

Bolak-baik jeans di dalam panci dengan cara mengaduk, bisa menggunakan batang kayu atau sendok sayur yang berukuran besar, pastikan warna sudah merata pada keseluruhan jeans, jagan sampai ada bagian yang tidak terkena karena bisa belang. Kemudian tunggu hingga 30 menit.

  1. Angkat dan Bilas

Setelah 30 menit, kemudian angkat jeans dan letakkan di ember, diamkan sejenak hingga uapnya menghilang. Apabila sudah dingin bilas dengan air bersih berulang kali hingga airnya berwarna jernih tidak tercampur warna biru.

  1. Jemur

Setelah bersih, kemudian peras celana lalu jemur di tempat teduh atau yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena jika dijemur di bawah terik matahari bisa menyebabkan warna celana menjadi luntur.

Itulah cara serta tahapan untuk mengembalikan warna celana jeans pria yang pudar sehingga terlihat baru. Cara ini selain mudah juga tentunya menghemat biaya jika dibandingkan harus membeli celana jeans yang baru.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *