Cara Menulis Artikel Fashion

Dunia fashion merupakan bidang yang perkembangannya sangat pesat. Setiap waktu, selalu ada hal-hal baru terkait dunia fashion yang sangat menarik untuk dibahas dan diperbincangkan, mulai dari item fashion terbaru, brand fashion yang sedang naik daun, model pakaian yang sedang digemari, dan berbagai terobosan yang dilakukan para desainer atau produsen pakaian yang tentu membuat dunia fashion semakin semarak. Berbagai event atau pagelaran yang terkait dengan dunia fashion juga tidak kalah menarik untuk dijadikan tema bahasan. Salah satu cara membincangkan dunia fashion adalah dengan cara menuliskan artikel. Artikel seputar dunia fashion sangat dibutuhkan sebagai rujukan para penggemar fashion untuk mendapatkan informasi tentang dunia fashion yang mungkin belum mereka ketahui. Oleh sebab itu, menulis artikel yang bagus tentang fashion akan sangat bermanfaat bagi pembaca. Berikut ini akan dibahas mengenai tips cara menulis artikel fashion yang bagus dan menarik.

Baca juga: BERITA FASHION YANG BISA DIJADIKAN SUMBER INSPIRASI

Menentukan Tema Tulisan

Dunia fashion adalah bidang yang sangat luas, banyak sisi dari dunia fashion yang sama-sama menarik untuk diperbincangkan. Oleh sebab itu memilih tema yang spesifik harus dilakukan agar pembahasan tidak terlalu melebar. Selain menentukan spesifikasi tema, memilih tema yang sedang ngetrend dan sedang ramai diperbincangkan sangat disarankan untuk memperbesar peluang keterbacaan artikel fashion yang kita tulis.

Misalnya, di media sosial sedang hangat diperbincangkan tentang gaya berpakaian seorang artis. Topik tersebut akan menjadi topik yang potensial untuk dijadikan sebagai artikel. Ulaslah nama atau jenis item fashion yang dikenakan artis tersebut, sebab tidak semua pembaca memahami istilah tentang dunia fashion, terutama nama-nama model pakaian yang dikenakan artis tersebut.

Gaya Bahasa yang Khas

Bahasa merupakan medium utama ketika menulis artikel. Bagus tidaknya sebuah artikel sangat ditentukan oleh kelihaian penulisnya dalam menuliskan artikel tersebut. Pemilihan gaya bahasa yang tepat akan menentukan kenyamanan artikel ketika dibaca. Penulis artikel harus banyak membaca artikel yang ditulis oleh orang lain untuk mendapatkan gambaran tentang gaya bahasa yang enak dibaca dan yang tidak. Pengetahuan penulis akan semakin luas jika banyak membaca. Dengan banyak membaca, seorang penulis akan dapat mengembangkan model tulisannya, sehingga nantinya akan menemukan gaya bahasa yang khas.

Menentukan Sudut Pandang

Sudut pandang yang tepat juga penting dipertimbangkan ketika menulis artikel. Sebelum menentukan sudut pandang, ada baiknya juga penulis membayangkan kira-kira siapa mayoritas pembaca yang akan membaca artikel fashion tersebut. Misalnya kemungkinan pembaca terbesar adalah remaja, maka sudut pandang yang enak adalah dengan menggunakan orang kedua “kamu”, namun jika mayoritas pembacanya adalah orang dewasa, menggunakan sudut pandang “Anda” akan lebih sopan. Namun agar lebih general, penulis artikel sebaiknya menggunakan sudut pandang “kita”. Selain kesannya lebih dekat dan intim, pembaca tidak akan terkesan digurui oleh penulis.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *