Cara Merawat Perhiasan Emas Putih Agar Tak Mudah Berubah Warna dan Aman

Beberapa waktu belakangan ini popularitas dari emas putih memang cukup meningkat dibandingkan dengan jenis emas kuning, bukan tanpa alasan, melainkan karena emas ini memiliki look yang tak kalah bagus, selain itu juga harga jualnya yang meningkat dari waktu ke waktu. Umum dijadikan sebagai perhiasan cantik. Apalagi desain-desain yang ditawarkan juga selalu tampil baru.

 Cara Merawat Perhiasan Emas Putih Agar Tak Mudah Berubah Warna dan Aman

Dengan menggunakan perhiasan yang memiliki warna putih ini agaknya juga tak terlalu mencolok dibandingkan dengan yang berwarna kuning. Sehingga jika berbicara mengenai keamanannya sendiri jauh lebih baik, apalagi untuk dipakai pada kegiatan-kegiatan di luar, nantinya tak akan menarik perhatian penjahat. Namun beberapa kalangan sendiri juga ada yang kurang senang menggunakan emas putih ini karena mudah sekali mengalami perubahan warna, diantaranya adalah sedikit menghitam. 

Sebenarnya tak hanya jenis emas yang putih saja akan berubah warna, melainkan juga kuning, tergantung dari bagaimana cara merawatnya. Berikut ini diantara langkah-langkah mudah dalam membersihkan dan juga merawatnya agar tidak berubah warna, yaitu: 

  1. Bersihkan menggunakan sabun cuci piring, sarana yang dapat dipakai untuk membersihkan emas adalah sabun cuci piring, namun selektif hanya menggunakan yang bentuknya konsentrat atau cair saja, karena dalam bentuk krim hanya akan membuat ornamen lubang-lubang emas sulit untuk dibersihkan dan berubah warna. Caranya mudah, cukup dengan mengambil beberapa tetes sabun cuci piring, ambil spons yang halus atau sikat. Pakailah untuk menggosoknya.
  2. Gunakan pasta gigi. Bahan lainnya yang juga bagus dalam membersihkan permukaan dari emas yang memiliki warna putih ini adalah pasta gigi, pasta gigi ini sangatlah baik dalam membersihkan kotoran yang menempel, tanpa mengikis warna asli dari emas tersebut, langkahnya mudah seperti dengan menyikat gigi, ambil sedikit saja pasta gigi pada sikat kecil yang halus, kemudian gunakan untuk menggosok permukaan emas.
  3. Simpanlah dalam wadah khusus, hendaknya untuk perhiasan dari logam mulia seperti ini tidak ditaruh di sembarangan tempat, melainkan hanya dalam wadah bersih biasanya dilapisi menggunakan beludru sehingga nantinya tidak akan bergesekan dengan benda yang kasar, hingga membuatnya tergores atau cacat.
  4. Jika permukaan dari perhiasan emas tersebut sudah terlanjur tergores atau cacat, maka jangan khawatir, karena Anda bisa segera membawanya ke tukang service untuk perbaikan, dibandingkan dengan langsung menjualnya, maka harga tawar di pasaran akan langsung anjlok, maka lebih baik disservice terlebih dahulu.
  5. Gunakan sesekali saja, khususnya adalah perhiasan yang ukurannya besar dan terlalu mencolok, sehingga nantinya tak akan mengundang perhatian dari penjahat, karena bukan hanya resiko kehilangan perhiasan saja, melainkan juga nyawa.

Baca juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

Mudah bukan merawat emas putih, hal tersebut juga berlaku untuk emas kuning.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *