Cara Mudah Merawat Bahan Kain Pakaian Sesuai dengan Jenisnya

 

Ketika anda memiliki pakaian tidak hanya memperhatikan model dari pakaian tersebut melainkan juga cara perawatan bahan kain pakaian sesuai dengan jenisnya. Sebab dengan merawat pakaian yang salah satu tidak sesuai dengan jenis bahannya ternyata akan membuat pakaian mudah rusak sehingga tidak nyaman lagi ketika dipakai di badan anda.

Perlu anda ketahui bahwa ada sebagian bahan kain pakaian yang membutuhkan perawatan khusus dengan biaya yang mahal untuk perawatannya. Bagi anda yang selama ini masih belum melakukan perawatan pakaian secara tepat dan benar, nah berikut akan dijelaskan cara mudah merawat bahan pakaian sesuai jenisnya yang bisa menambah wawasan anda.

Cara Mudah Merawat Bahan Kain Pakaian Sesuai dengan Jenisnya

  1. Batik dan Tenun
    Bahan kain pakaian yang satu ini kebanyakan memang memiliki harga yang mahal dan membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari jenis kain lainnya. Idealnya untuk merawat kain batik dan tenun disarankan untuk mencucinya menggunakan lerak. Namun jika anda sulit untuk menemukan lerak sebaiknya tak perlu khawatir karena bisa diganti dengan air hangat dan sampo. Cara perawatan batik dan tenun ini cukup mudah yaitu dengan merendam batik atau tenun selama kurang dari 30 menit menggunakan campuran air hangat dan sampo lalu silakan dijemur tanpa diperas. Menjemurnya pun sebaiknya jangan langsung terpapar sinar matahari.
  2. Kebaya
    Mungkin sebagian dari anda masih ada yang mengetahui cara perawatan kebaya yang tepat terutama dalam hal mencucinya. Untuk perawatan kebaya ini anda bisa merendamnya menggunakan sampo lalu silakan diangin-anginkan. Selain itu saat menyimpan kebaya di dalam lemari sebaiknya jangan digantung tetapi dilipat saja.
  3. Kaos dan Jersey
    Kedua bahan ini merupakan jenis kain pakaian yang mudah melar. Sehingga untuk mencuci kaos dan jersey sebaiknya dikucek sebentar lalu peras dan jemur. Saat menjemur maupun menyimpan pakaian dari bahan kaos dan jersey sebaiknya jangan digantung menggunakan hanger agar pakaian tidak melar. Sebaiknya ketika menjemur dan menyetrika pakaian ini harus dibalik agar bagian sablonnya tidak mudah rusak.
  4. Katun
    Untuk perawatan kain pakaian jenis katun sebaiknya gunakan air dingin ketika mencucinya serta hindari merendam pakaian terlalu lama. Ketika menjemur pakaian dari bahan katun upayakan di tempat yang teduh serta simpanlah dengan cara digantung agar pakaian anda tidak mudah kusut.
  5. Sutera
    Bahan yang satu ini memiliki kesan yang elegan dan mewah namun dibalik itu anda juga harus melakukan perawatan yang tepat sehingga pakaian dari bahan sutera lebih tahan lama. Perawatan kain sutera bisa anda lakukan dengan mencucinya menggunakan deterjen khusus dan tambahkan pelembut pakaian. Penjemuran pakain bahan sutera hanya diangin-anginkan saja serta sebaiknya disetrika menggunakan derajat panas yang sedang.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah merawat kain pakaian sesuai dengan jenisnya yang bisa menambah wawasan anda. 

Baca juga https://kepofashion.com/

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *