Ciri yang Ada Pada Batik Pekalongan  

Batik merupakan pakaian tradisional yang juga dikenal sebagai pakaian nasional. Dimana selain terkenal pakaian yang digunakan untuk acara resmi dan dipakai oleh orang dewasa, sekarang ini model batik juga lebih beragam dan cocok digunakan oleh anak muda. Ketika memilih batik, ada banyak sekali motif yang ada dan bisa dipilih dari daerah tertentu. Salah satu batik yang terkenal adalah batik Pekalongan yang mempunyai banyak peminat sendiri. Batik yang berasal dari daerah Pekalongan ini sendiri mempunyai beberapa ciri yang membedakannya dengan batik dari daerah lainnya. Beberapa ciri-ciri batik yang berasal dari Pekalongan adalah sebagai berikut.

 Ciri yang Ada Pada Batik Pekalongan   

Menggunakan motif bunga

Untuk dapat mengenali daerah batik berasal, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengamati motif batik tersebut. Anda bisa untuk mengamati motif batik karena pada umumnya batik mempunyai motif yang berbeda-beda. Begitu juga dengan batik asal daerah Pekalongan yang juga mempunyai motif khusus yang menjadi ciri khasnya. Batik dari Pekalongan terkenal menggunakan motif bunga yang lebih mendominasi pada pattern batiknya. Motif bunga yang ada pada batik dari Pekalongan ini mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada motif bunga dari daerah lainnya yang ada di Jawa Tengah. Dengan motif bunga yang lebih kecil tidak heran apabila motif batik ini sangat cocok digunakan untuk wanita yang mempunyai berat berlebih karena akan menimbulkan kesan lebih ramping ketika dipakai.

 

Mempunyai warna cerah

Ciri batik Pekalongan selanjutnya yang dapat dilihat adalah mempunyai warna yang cerah. Batik dari Pekalongan ini mempunyai warna cerah yang lebih mendominasi daripada warna gelap yang sering digunakan pada batik yaitu hitam dan coklat. Batik yang berasal dari Pekalongan biasanya mempunyai warna cerah seperti merah muda, biru , hijau, jingga, kuning, dan juga berbagai macam warna cerah lainnya.

Baca Juga : BATIK PEKALONGAN YANG TERKENAL INDAH DAN HALUS

Menggunakan motif garis dan titik

Ciri selanjutnya yang ada pada batik ini adalah mempunyai motif garis dan juga titik. Motif bunga yang menjadi ciri khas batik ini akan diapit oleh motif garis dan motif titik sehingga akan membuat tampilannya lebih unik. Hal tersebut juga akan membuatnya lebih terkesan penuh dan modern ketika digunakan.

Mempunyai motif jlamprang

Dan ciri terakhir dari batik Pekalongan ini adalah adanya motif jlamprang. Motif ini adalah asli dari Pekalongan yaitu motif titik dan bentuk geometris. Motif ini adalah kumpulan titik-titik sehingga akan membuat sebuah motif tertentu yang ada pada ujung kain batik hingga ujung kain lainnya. Sama seperti ciri sebelumnya, motif ini juga akan menggunakan warna cerah yang lebih dominan. Motif jlamprang ini merupakan motif yang berasal dari Pekalongan dan mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Arab dan Islam.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *