Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Membentuk Komunitas Fashion

Mendirikan sebuah komunitas merupakan sebuah usaha untuk salah berbagi tentang suatu hal yang kita sukai. Dengan membentuk atau bergabung ke dalam sebuah komunitas, kita akan memiliki teman berbagi tentang hal-hal yang kita ketahui, dan dapat saling membagi informasi terbaru yang mungkin belum diperoleh oleh anggota yang lainnya. Dengan demikian, dalam sebuah komunitas akan terjalin pertukaran informasi bahkan pertukaran ilmu. Tidak hanya itu, dengan membentuk atau bergabung dengan sebuah komunitas, berarti kita juga akan menambah teman, bahkan tidak sedikit pula yang akhirnya menjadi sahabat. Begitu juga ketika membentuk sebuah komunitas fashion. Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika mendirikan komunitas yang bahasannya lebih banyak membicarakan tentang trend gaya berbusana terkini.

Baca juga: 6 KOMUNITAS FASHION HIJAB DI INDONESIA

Alasan yang Kuat

Sebuah komunitas harus memiliki alasan yang melatari mengapa komunitas tersebut didirikan atau dibentuk. Jika komunitas dibentuk hanya untuk iseng, tentu usia komunitas akan sangat singkat, sebab alasannya tidak jelas. Walau dalam tataran sederhana, visi dan misi pembentukan sebuah komunitas fashion harus ditentukan sejak awal. Misalnya, menjabarkan mengapa komunitas tersebut harus dibentuk, menjabarkan dan mempertimbangkan berbagai manfaat yang akan diperoleh jika komunitas tersebut dibentuk. Alasan yang kuat akan mampu menarik minat calon anggota komunitas untuk ikut bergabung dengan komunitas tersebut.

Siapa Saja yang Akan Diajak Bergabung

Komunitas seperti halnya sebuah rumah, dan anggota komunitas yang lain tidak ubahnya seperti saudara. Agar tali persaudaraan kuat, menentukan orang-orang yang satu spirit dan memiliki kesamaan visi dan misi sangat dibutuhkan. Jika membentuk sebuah komunitas yang memiliki hobi fashion, maka harus diutamakan mengajak orang-orang yang memang memiliki minat dan kepedulian terhadap dunia fashion. Bahkan, jika perlu ajaklah pula orang yang sadar fashion, yaitu tidak hanya pedulia dunia fashion, namun juga mengaplikasikan berbagai hal tentang dunia fashion dalam penampilannya sehari-hari.

Menentukan Tempat Berkumpul

Sebagai sebuah wadah, menentukan tempat berkumpul akan sangat penting. Bahkan jika perlu, tentukanlah sebuah tempat tetap untuk berkumpul, misalnya dengan menyewa sebuah kontrakan sebagai sekretariat atau markas. Dengan demikian, setiap anggota komunitas tidak hanya bisa berkumpul ketika ada acara saja, melainkan juga setiap waktu.

Apa Saja yang Akan Dilakukan

Sebuah komunitas dibentuk tentu hanya untuk sekadar formalitas, namun juga harus memikirkan apa saja kegiatan yang akan dilakukan, terutama kegiatan yang bermanfaat untuk anggota dan masyarakat. Misalnya, dengan membentuk agenda kerja seperti mendesain sebuah model pakaian sendiri yang nantinya akan dipamerkan atau bahkan dijual, dan berbagai kegiatan lainnya yang akan sangat bermanfaat dan menghasilkan. Jika sebuah komunitas fashion kegiatannya hanya berkumpul secara terus-menerus tentu akan membuat sebagian anggota komunitas akan merasa bosan. Dengan melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat, anggota komunitas juga akan dapat mengembangkan dirinya.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *