Ini Dia Makna Batik Kawung yang Merupakan Salah Satu Motif Tertua di Indonesia  

Batik menjadi salah satu harta berharga milik Indonesia yang harus dilindungi dan dilestarikan. Ada banyak jenis batik di Indonesia dan salah satunya adalah batik kawung. Jenis batik ini termasuk sebagai salah satu yang tertua yang pernah ada karena berasal dari abad ke-9. Batik ini mempunyai motif yang seperti kolang-kaling dan disusun pada empat sudut persegi. Konon, motif kawung untuk batik ini berkembang ketika jaman kasultanan Yogyakarta di tahun 1755.

 Ini Dia Makna Batik Kawung yang Merupakan Salah Satu Motif Tertua di Indonesia  

Terdapat berapa versi dari inspirasi motif kawung untuk batik yang memiliki beragam makna ini, diantaranya yaitu:

 

  • Berasal dari serangga kumbang yang berwarna coklat cerah sekaligus menjadi hama kelapa. Karena hal tersebut, motif dari kawung merupakan gambaran dari bentuk serangga kwangkung atau kumbang yang berwarna coklat legam dan bentuknya lonjong atau oval.
  • Dari kolang-kaling. Versi ini banyak dipercaya oleh masyarakat karena bentuknya yang sama persis seperti motif ambatik kawung.

 

Batik kawung ini dahulunya pada masa kekuasaan kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan dan anggota kerajaan termasuk abdi dalem sehingga motif batik menjadi penanda status sosial. Jenis batik ini butuh waktu yang lama dan dahulunya dianggap sebagai bentuk pengabdian terhadap para raja. Semakin lama, batik dengan motif kawung ini banyak digunakan oleh masyarakat luas dan walaupun sederhana motifnya, ternyata batik ini punya makna dan filosofi yang dalam.

Baca Juga : MENGULAS ELEMEN BATIK AIR PADA SEMEN RAMA YANG TIDAK BANYAK DIKETAHUI MASYARAKAT INDONESIA  

Pertama adalah menggambarkan hati yang bersih. Sesuai dengan kepercayaan Jawa, batik dengan motif kawung ini menggambarkan hati yang bersih. Disebabkan karena motif dari batik ini menggunakan buah kolang kaling yang mempunyai kulit yang keras namun buah yang warnanya putih yang menggambarkan mengenai itikad hati yang bersih adalah ketetapan hati yang tidak perlu untuk diketahui oleh orang lain.

 

Makna lainnya dari batik kawung yang harus Anda ketahui adalah:

 

  • Berguna untuk banyak orang. filosofi ini diambil dari pohon aren yang punya beragam manfaat untuk manusia dimana semua bagian dari tanaman tersebut bisa dimanfaatkan. Dari hal tersebut, menyiratkan agar manusia bisa senantiasa bermanfaat atau berguna untuk siapa saja dan kapan saja di kehidupannya sehari-hari.
  • Persatuan rakyat yang diutarakan oleh S.K. Sewan Susanto yang merupakan pakar batik Indonesia. Dalam buku Seni Kerajinan Batik Indonesia yang dikeluarkan tahun 1973, ia menyatakan jika motif kawung ini diibaratkan sebagai saderek sekawan gangsal pancer menurut bahasa Jawa. Hal ini disebabkan karena motif kawung memiliki motif kolang-kaling yang melambangkan persaudaraan yang jumlahnya empat dengan 1 motif titik yang ada di tengah yang dianggap sebagai pusat dari kekuasaan alam semesta sehingga dilambangkan persatuan seluruh rakyat serta bangsa.
  • Lambang dari kebijaksanaan, kearifan dan pengendalian diri.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *