Kenali Jenis Bahan dan Cara Merawat Kemeja Alisan

Kemeja alisan merupakan salah satu kemeja yang paling disukai oleh pria terutama untuk tampil kasual dan saat kerja. Kemeja ini kesannya memang agak serius sehingga ditujukan untuk kegiatan atau acara resmi saja. Tetapi biasanya tergantung pada jenis bahan yang digunakan karena bahan yang lebih santai akan membuat seseorang tampil santai namun kasual. Selain itu saat ini banyak sekali model dan perpaduan kemeja yang dapat digunakan oleh pria tergantung kesukaannya dan keinginan.

Kemeja ini memiliki banyak jenis bahan kain yang digunakan untuk menjadi sebuah kemeja. Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan untuk pembuatan kemeja diantaranya:

Kenali Jenis Bahan dan Cara Merawat Kemeja Alisan

  • Kain katun termasuk dalam jenis kain rajut dari bahan dasar serat kapas. Jenis kain ini tidak mudah kusut saat dicuci, tidak mudah luntur untuk kemeja berwarna, tetapi agak kaku. Kemeja dengan bahan ini juga lebih terasa dingin saat digunakan karena menyerap keringat.
  • Kain oxford yang teksturnya cenderung rata dan memiliki titik-titik pixel dalam resolusi gambar. Kemeja dengan bahan ini biasanya sangat cocok untuk dipakai di kantor, seragam kerja dan untuk sekolah.
  • Kain chambray hampir mirip dengan denim namun memiliki tekstur halus dan lembut karena terbuat dari bahan dasar serat alami kapas. Kemeja dengan bahan ini tetap nyaman digunakan dalam musim panas.

Selain bahan kain kemeja alisan diatas, ada juga bahan dari kain denim yang terbuat dari katun twill yang memiliki kesan halus dan lembut. Namun seiring berjalan waktu, jenis kain digunakan untuk membuat pakaian batik. Kain flannel memiliki permukaan lembut dan halus dari hasil proses pemanasan dan penguapan. Bahan kain ini memang cukup tebal sehingga memberi rasa hangat bagi pemakainya. Kain acrylic biasanya bahan untuk kemeja pria, biasanya kemeja dari bahan ini dikombinasikan dengan rompi dari light weight wools. Ada juga kain drill merupakan jenis kain halus, lembut dan dingin saat digunakan.

Berikut adalah cara merawat kemeja sesuai dengan bahan kain:

  • Katun, dengan cara mencucinya pada suhu paling tinggi 50 derajat. Katun perlu disetrika setelah dikeringkan dan sangat mudah untuk disetrika.
  • Linen, dicuci dengan tangan atau mencuci dengan mesin cuci pada suhu dan putaran rendah.
  • Wol, dicuci dengan tangan dan mencuci dengan mesin cuci dengan putaran rendah dan suhu rendah. Jangan terkena matahari langsung saat dijemur.

 

BACA JUGA TIPS MEMILIH KEMEJA ALISAN YANG TEPAT UNTUK TAMPILAN YANG SEMPURNA

Kemeja alisan memang sangat cocok untuk pria supaya terlihat lebih maskulin. Kemeja ini perlu juga dirawat sesuai dengan jenis bahan kain penyusunnya. Pemakai kemeja dapat mengecek pada bagian dalam baju biasanya terdapat instruksi untuk mencuci dan merawat baju. Hal ini sangat penting untuk membuat baju lebih tahan lama dan tetap rapi saat akan digunakan.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *