Keunggulan Cincin Platina yang Banyak Dipilih untuk Orang Terkasih

Cincin sering menjadi simbolik kasih sayang dan tanda suatu ikatan antar pasangan. Salah satu jenis perhiasan yang dipergunakan di tangan ini yang umumnya diletakkan di jemari manis sebagai salah satu simbol kepemilikan sudah memiliki pasangan ini terbuat dari bahan yang berbeda dan salah satunya adalah platina. Platina sendiri merupakan logam yang jumlahnya terbatas atau tergolong sebagai logam yang langka sehingga tidak heran jika harga dari perhiasan harga dari perhiasan tersebut lebih mahal jika dibandingkan dengan perhiasan dari emas yang mahalnya rata-rata dapat mencapai 1,2-1,5x harga emas. 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan banyak orang tetap memilih platina sebagai bahan baku untuk membuat perhiasan yang dipergunakan di jemari untuk diberikan ke orang yang terkasih. Pertama adalah hypoallergenic. Platina merupakan salah satu logam yang langka namun, logam ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif yang biasanya gatal-gatal atau timbul alergi karena menggunakan perhiasan misalnya yang terbuat dari emas.

 Keunggulan Cincin Platina yang Banyak Dipilih untuk Orang Terkasih

Kedua adalah platina memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Dibandingkan dengan emas ataupun perak, platina lebih tangguh dan kokoh. Tidak heran jika membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat membentuk perhiasan yang memiliki bobot yang cukup berat tersebut apalagi menuliskan dan menggambarkan ukiran di perhiasan yang dipasang di jemari tersebut. Karena butuh tenaga yang ekstra tersebut ditambah dengan platina merupakan jenis logam yang semakin langka, membuat harga cincin platina menjadi lebih mahal dibandingkan yang terbuat dari emas ataupun perak. 

Ketiga adalah memiliki kilau yang asli. Platina mempunyai warna yang asli sehingga tidak perlu untuk memoles rhodium sekali dalam setahun untuk menjaga agar kilau perhiasan yang digunakan di jemari tersebut tetap terjaga sehingga tampilannya menjadi semakin mewah dan elegan. Sedangkan untuk menjaga kilau dari perhiasan yang terbuat platina tersebut, Anda cukup memolesnya tanpa harus menggunakan rhodium. Keunggulan lainnya dari perhiasan yang terbuat dari platina itu yaitu: 

  • Halal untuk digunakan pria.
  • Tidak mudah untuk korosi.
  • Perawatannya yang lebih mudah.
  • Tidak mudah untuk memuai bahkan jika dibakar akan segera kembali menjadi putih karena titik lebur perhiasan dari platina sekitar 2000oC.

Akan tetapi, walaupun harga cincin platina couple lebih mahal dibandingkan dengan perhiasan yang terbuat dari emas, namun terdapat beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum memesan perhiasan berbentuk bundar dari platina terutama untuk nikah. Kekurangan tersebut yaitu: 

  • Susah untuk dijual kembali dan jikapun laku, harga jualnya tidak akan setinggi harga jual dari perhiasan yang terbuat dari emas. Hal ini disebabkan karena belum banyak orang yang berminat untuk membeli perhiasan dari platina tersebut.
  • Pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama karena platina susah untuk di tempa dan dibentuk.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *