Kiat Tepat Pilih Baju Couple yang Serasi untuk Acara Lamaran

Baju pasangan atau yang biasa dikenal dengan baju couple ini kerap digunakan untuk menunjukkan jika orang yang menggunakannya adalah pasangan, atau teman dekat seperti sahabat dan keluarga. Di beberapa kesempatan, baju pasangan tersebut kerap digunakan untuk acara tertentu misalnya lamaran. Dengan menggunakan baju pasangan tersebut, sang calon mempelai yang akan dilamar tersebut terlihat seperti pemeran utama atau yang membedakan antara orang lain, termasuk keluarga sehingga membuat moment tersebut terasa istimewa.

Untuk memilih baju pasangan yang tepat saat lamaran, ada beberapa kiat yang bisa membantu Anda. Pertama adalah sesuaikan dengan tema. Tidak sedikit orang yang memilih mengadakan lamaran yang akan dihadiri oleh orang terdekat misalnya keluarga besar dan sahabat namun tidak sedikit yang menyelenggarakan acara besar-besaran untuk moment tersebut. Biasanya, untuk lamaran sederhana, baju batik couple dengan warna yang disukai atau yang disepakati kedua calon bisa digunakan. Sedangkan jika acara lamaran diselenggarakan dengan besar-besaran, selain menyesuaikan dengan warna yang diinginkan, juga tema misalnya modern atau tradisional.

Kedua adalah sesuaikan dengan budget Anda. Walaupun Anda ingin tampil maksimal, namun jangan lupakan berapa budget yang Anda miliki untuk membuat, membeli atau menyewa baju couple yang akan digunakan tersebut. Jangan sampai budget Anda terkuras hanya untuk memiliki pakaian couple untuk lamaran. Jadi, sebisa mungkin tentukan terlebih dahulu budget yang akan digunakan atau Anda bisa menggunakan pakaian couple lama Anda untuk lebih meminimalkan budget.

Ketiga adalah sesuaikan dengan tempat dan sebisa mungkin tidak menggunakan baju yang terlalu terbuka. Umumnya, proses lamaran akan diselenggarakan di dalam ruangan, akan tetapi beberapa menggelar prosesi lamaran di luar ruangan misalnya di halaman belakang rumah yang sudah dihias untuk memberikan kesan yang lebih santai dan kekeluargaan. Jika di luar ruangan, hindari menggunakan baju yang terlalu panjang karena akan mengganggu pergerakan Anda. Jika di dalam ruangan, Anda bisa lebih bebas untuk memilih baju yang tepat. Selain itu, hindari menggunakan pakaian yang terlalu terbuka. Selain karena adat budaya timur yang menjaga kesopanan, pakaian yang terlalu terbuka justru memberikan kesan terlalu mengumbar yang bisa menyebabkan orang yang melihatnya menjadi risih bahkan menjadi perbincangan yang tidak diinginkan sehingga mengurangi kesakralan lamaran.

Dari pertimbangan tersebut, beberapa jenis baju couple yang bisa Anda jadikan pilihan untuk prosesi lamaran Anda yaitu:

  • Sarimbit batik/tenun/kain tradisional yang lainnya. Calon pria bisa menggunakan baju kemeja dari kain tradisional tersebut sedangkan calon wanita bisa menjadikan kain tradisional tersebut sebagai dress, kutubaru, kebaya, gamis atau yang lainnya.
  • Baju dengan warna yang sama. Jika waktunya mepet, Anda bisa menggunakan baju yang sudah Anda punya sebelumnya, misalnya dress putih untuk dikombinasikan dengan kemeja dan celana putih bagi pasangan Anda.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *