Kritera Atau Syarat-Syarat Fashion Syar’I Sesuai Dengan Anjuran Agama

Menggunakan busana muslim sekarang ini menjadi pilihan banyak wanita muslim untuk berbusana sehari-hari. Namun sudah bukan rahasia lagi, banyak wanita berhijab yang sekedar mengikuti trend dan tidak mempedulikan syarat-syarat aturan berbusana muslim yang dianjurkan. Walaupun sekarang sudah banyak fashion syar’I yang mempermudah memilih busana muslim yang sesuai aturan.

Di Indonesia perkembangan busana muslim sangat pesat, hal ini bisa dilihat dengan semakin banyak wanita muslim yang memilih menggunakan busana muslim dan hijab dalam berbusana. Selain itu sekarang sudah banyak busana muslim dengan berbagai model dan bahan yang bisa dibeli baik di toko-toko konvensional maupun online.

Fashion syar’I, dalam hal ini busana yang digunakan adalah yang menutupi aurat dan tidak menonjolkan lekukan tubuh. Selain itu syar’I di sini adalah yang tidak berlebihan. Seperti kita ketahui sesuatu yang berlebihan itu dibenci oleh Allah termasuk dalam hal berbusana.  Berikut ini beberapa kriteria busana syar’I yang harus Anda ketahui.

Menutupi Aurat Atau Seluruh Badan Kecuali Yang Dikecualikan

Bagian tubuh yang dikecualikan untuk ditutup adalah kedua telapak tangan dan wajah. Rambut pun harus ditutup. Menutup aurat di sini juga menutupi lekukan ataupun tonjolan bagian tubuh, seperti dada dan pantat. Oleh sebab itu hijab yang syar’I adalah yang menutupi hingga dada. Jikapun modelnya tidak menutupi dada berarti busana yang digunakan haruslah longgar.

Bukan Sebagai Perhiasan

Hal ini diterangkan dalam surat An-Nuur ayat 31 yang isiny adalah melarang wanita untuk menampakkan perhiasannya. Banyak kesalahan yang timbul karena poin ini tidak diperhatikan/ terlewatkan. Sehingga banyak wanita berhijab yang merasa sah menggunakan jilbab dan busana yang memberikan kesan berlebihan. Dihiasai dengan aksesoris berbagai pernak pernik.

Bahannya Harus Tebal, Tidak Tipis Atau Transparant

Syarat busana yang syar’I berikutnya adalah yang bahannya tebal, tidak tipis atau transparan.Sekarang banyak pilihan bahan busana muslim dan jilbab yang bisa didapatkan di pasaran. Hal ini terdapat dalam hadits nabi Muahammad SAW yang isinya adalah dimana para wanita yang menggunakan pakaian dengan bahan tipis dan menggumbar bentuk tubuhnya adaalh kaum wanita yang terkutuk.

Menggunakan pakaian tipis dan transparan berbahaya untuk diri wanita yang menggunakannya karena bisa membuat lawan jenis tergoda.

Pakaian Harus Longgar, Tidak Ketat

Selain bahannya, perhatikan ukuran busana yang digunakan. Hakekatnya menggunakan pakaian adalah untuk terhindar dari fitnah. Menggunakan pakaian yang ketat bisa memperlihatkan lekukan atau bentuk tubuh dengan jelas, hal ini harus dihindari karena dapat mendatangkan kerusakan dan memicu pikiran tidak baik bagi orang yang melihatnya.

Tidak Menyerupai Laki-Laki

Beberapa hadits sahih menjelaskan mengenai larangan bagi wanita berbusana seperti laki-laki. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Selain itu hindari menggunakan busana yang menyerupai pakaian para wanita kafir.

Poin lainnya yang masuk ke dalam fashion syar’I adalah tidak menggunakan wewangian dan berpakaian bukan karena untuk mendapatkan popularitas.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *