Langkah Tepat Merawat Sepatu Kulit yang Benar Agar Awet

Ketika sepatu kulit dirawat dengan benar, maka sepatu kulit akan mempertahankan kekuatan dan daya tahannya. Keindahan pada sepatu kulit premium adalah kemampuannya untuk berevolusi dengan pemakainya dan mengambil karakteristik uniknya sendiri seiring waktu. Seiring bertambahnya usia, sepatu kulit akan berubah bentuk agar pas dengan kaki Anda, dan kulit sepatu akan memperdalam tekstur dan warna. Ini bukan cacat, tetapi merupakan cerminan dari keindahan dan kualitas premium. Merawat sepatu kulit harus dilakukan para pemilik agar sepatu kulit memiliki umur yang lebih panjang,

 Langkah Tepat Merawat Sepatu Kulit yang Benar Agar Awet

Sebelum mengenakan alas kaki Anda di luar ruangan untuk pertama kalinya, Anda harus menggunakan semprotan tahan air untuk membantu mencegah kerusakan air. Meskipun ini akan melindungi terhadap unsur-unsur, itu tidak membuat sepatu tahan air. Sepatu kulit adalah bahan alami dan berpori, dan tidak boleh dipakai dalam hujan berlebihan, lumpur, atau air. Selain itu sepatu yang Anda kenakan tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya kotoran maupun debu, sehingga sangat penting sekali bagi Anda untuk selalu membersihkan sepatu secara rutin. 

Pelindung kulit serba guna dapat untuk Anda gunakan dalam merawat sepatu Anda secara teratur, selain menggunakan pelindung kulit, maka Anda juga bisa menggunakan conditioner atau lotion kulit. Anda juga dapat menyemir aksesoris Anda dengan kain yang lembut dan kering. Untuk langkah-langkah merawat sepatu kulit dapat Anda ikuti sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah menggunakan kain lembab lembut untuk menghilangkan kotoran atau debu. Jika diperlukan, gunakan sampo kulit untuk membersihkan kotoran atau noda yang membandel.
  2. Selanjutnya, gunakan kain lembut yang tidak berbulu untuk menerapkan kondisioner kulit lainnya. Setelah kondisioner kering, gunakan sikat buffing sepatu untuk menyemir sepatu Anda dan tambahkan kilau.
  3. Jika diinginkan, Anda dapat menambahkan polesan kulit dengan kain poles, sebelum menghapus cat kuku yang berlebihan dengan sikat sepatu setelah kering.
  4. Langkah terakhir adalah menyemprot sepatu dengan 2-3 lapis Waterstop Spray (tunggu 20 menit antara mantel) atau pelindung kulit lainnya untuk membantu melindungi sepatu.

Agar sepatu kulit Anda tetap dalam kondisi ideal, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan pelarut atau bahan abrasif selama pembersihan. Menggosok dan membersihkan dengan kuat dapat menghilangkan lapisan kedap air, membuat kulit rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air dan faktor lingkungan lainnya. Setelah Anda membersihkan alas kaki dengan pembersih non-abrasif, biarkan kering. 

 Baca dan simak juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

Sepatu kulit sama seperti rambut dan kulit kita yang membutuhkan perawatan kelembaban secara teratur untuk menjaga bahan agar selalu tampak baru dan segar. Gunakan conditioner krim untuk memulihkan dehidrasi, dan untuk membuatnya tetap lembut, lentur dan terlihat terbaik. Itulah langkah-langkah merawat sepatu kulit dengan baik dan benar.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *