Mengapa Gamis Arab Digunakan Semua Wanita di Negaranya? Ini Dia Alasannya!

Setiap wanita yang memeluk agama Islam pastinya diajarkan untuk menggunakan pakaian yang sopan serta menutup aurat mereka agar tidak dilihat oleh orang lain atau pun para lelaki ketika berada di tempat umum. Hal ini memang sebagian diterapkan oleh wanita Indonesia, yakni dengan menggunakan jilbab, baju muslim, pakaian yang sopan dan tertutup, dan lain sebagainya. Berbeda dengan para wanita yang ada di Arab Saudi, mereka semua memang sangat mematuhi ajaran tersebut dan menutup aurat mereka serapat-rapatnya agar tidak terlihat bagian lainnya. Yang menjadi ciri khas adalah mereka menggunakan gamis Arab yang dimana rata-rata memiliki warna hitam, serta dilengkapi dengan cara serta hijab yang juga berwarna hitam. Bagian yang terlihat hanyalah mata mereka saja, namun ternyata di dalamnya mereka juga masih mengenakan berbagai jenis pakaian modis dan juga kekinian. Mereka menggunakan pakaian tersebut selain memang menuruti ajaran agama, namun juga karena hal-hal ini:

Mengapa Gamis Arab Digunakan Semua Wanita di Negaranya? Ini Dia Alasannya!

  •  Menghindari Polisi

Banyak yang berspekulasi bahwa menggunakan pakaian serba hitam dan juga tertutup akan membuat mereka merasa kegerahan dan tidak nyaman. Nyatanya itu semua tidak dirasakan oleh para wanita dari negara tersebut. Mereka menggunakan pakaian tersebut selain karena ajaran agama, juga karena mereka ingin menghindari polisi. Disana, mereka memiliki hukum yang begitu kuat serta sangat ketat mengenai perempuan. Pastinya, para perempuan pun harus ‘bermain aman’ disana, yakni dengan menggunakan pakaian ini agar tidak menarik perhatian polisi.

  •  Melindungi dari Matahari

Alasan lainnya mengapa para wanita yang berasal dari Arab menggunakan pakaian tersebut ketika keluar rumah. Salah satu alasannya adalah melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari langsung yang dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan kulit mereka. Meski gamis Arab biasanya berwarna hitam, namun nyatanya tidak mengerahkan mereka karena terbuat dari bahan yang begitu tipis serta memiliki ruang untuk ventilasi udara sehingga menggunakannya pun akan terasa nyaman.

  •  Menghindari Hidung Belang

Selanjutnya, hal yang membuat mereka mengenakan pakaian yang identik dengan warna serba hitam itu adalah agar mereka terhindar dari pria-pria yang bukan merupakan suami mereka. Kebanyakan dari pria Arab memang lebih mudah teralih perhatiannya karena perempuan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika para perempuan menggunakan pakaian tersebut agar laki-laki yang bukan muhrimnya tidak berani mendekati mereka, apa lagi menyentuh mereka.

Baca juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

 Itulah beberapa alasan mengapa perempuan asal Arab lebih suka menutupi aurat mereka secara rapat dan juga sangat baik. Mereka cenderung menggunakan gamis Arab yang memiliki warna hitam yang begitu khas, serta menggunakan bahan yang terkesan ringan namun sangat sejuk meski Anda gunakan pada siang hari sekali pun. Tidak heran jika mereka yang memang diharuskan untuk mengenakannya merasa nyaman.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *