Mengenal 4 Jenis Kain yang Sering Dipakai dalam Pembuatan Busana

Seperti yang sudah semua orang ketahui, pakaian yang tersedia di pasaran memiliki beragam model dan motif. Menariknya pakaian yang tersedia ini tidak hanya mengandalkan model dan motif tersebut untuk menyediakan busana yang nyaman dan tepat sesuai tema acara pemakainya. Melainkan juga memakai jenis kain tertentu untuk mengoptimalkan model atau mungkin menyesuaikan dengan kesan yang ditimbulkan, apakah formal atau casual. Nah, secara umum ada beberapa jenis fabric atau kain yang kerap dipilih produsen pakaian dan masing-masing punya karakter khas.

Jenis Fabric yang Sering Dipakai Membuat Baju

Dalam memilih busana tentu tidak hanya melihat motif dan modelnya saja melainkan juga memeriksa jenis fabric yang digunakan. Berikut merupakan jenis-jenis fabric yang lumrah dipakai untuk pembuatan baju:

  • Kain katun,

Katun merupakan salah satu kain yang paling sering dijumpai dalam pakaian yang dijual di toko-toko. Sebab menjadi kain yang banyak disukai orang lantaran nyaman dipakai mengingat kemampuannya sangat baik dalam menyerap keringat. Kain ini juga tidak mudah luntur meski punya banyak warna dan corak atau motif, bahkan menjadi kain yang dipakai dalam pembuatan baju bayi saking nyamannya.

  • Kain spandex,

Spandex juga memiliki nama lain yakni lycra, jadi kalau Anda tidak mengenal spandex maka bisa jadi mengenal lycra dan keduanya adalah sebutan untuk jenis kain yang sama. Kain ini memang sangat populer sebab memiliki sifat elastis, bahkan untuk spandex asli bisa melar sampai 5x dari ukuran semula. Berbeda dengan kain jenis lainnya yang tidak bisa melar banyak dan kadang menunggu sampai beberapa tahun baru melar. Kain ini awalnya digunakan untuk pembuatan baju olahraga dan baju renang, namun kini bisa dijumpai pada jaket, gamis, dan lain-lain.

  • Kain rayon,

Rayon adalah kain yang dibuat dari serat kayu yang memiliki kadar selulosa yang tinggi, dan termasuk kain favorit banyak orang. Kain ini memiliki sifat yang nyaris sama dengan katun karena bisa menyerap keringat sehingga adem saat dipakai. Hanya saja tekstur kainnya cenderung lebih tipis sehingga lebih ringan dan melayang ketimbang katun. Motifnya pun tidak berbeda jauh dengan katun, namun lebih murah dan kerap dipakai untuk pembuatan gamis, rok, mukena, dan lain-lain.

  • Kain brokat,

Brokat merupakan salah satu kain yang kerap kali ditemukan pada busana dengan model mewah dan elegan. Bentuknya memang unik sebab merupakan kain yang disulam sehingga memiliki tekstur yang sangat terasa di permukaannya. Awalnya sering dijumpai pada kebaya wanita, namun kini bisa ditemukan untuk jenis busana pesta model apapun. Namun memang lebih identik untuk busana para perempuan karena kesannya feminin sekaligus elegan. Sebagai jenis kain mahal tentunya perlu perawatan ekstra agar lebih awet.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *