Mengenal 5 Jenis Kain Pakaian yang Umumnya Sering Digunakan Dalam Industri Tekstil

 

Tren fashion yang selama ini semakin berkembang ternyata tak bisa lepas dari kain pakaian yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian tersebut. Dari waktu ke waktu jenis kain bahan pakaian juga kian beragam dan tidak hanya terfokus pada bahan katun saja. Terlebih untuk pakaian wanita yang cenderung memiliki banyak motif dan pola sehingga menjadikan semakin beragamnya jenis kain bahan pakaian yang ada di pasaran.

Perlu anda ketahui bahwa pakaian yang indah dan nyaman tidak hanya dipengaruhi oleh pola dan motif pakaian tersebut. Melainkan juga pemilihan bahan kain yang tepat. Saat ini banyak jenis kain yang beredar di pasaran dengan ciri khas masing-masing. Namun dari banyaknya bahan kain tersebut ada 5 jenis kain yang sering digunakan dalam industri tekstil untuk pembuatan berbagai model pakaian. Nah, bagi anda yang penasaran berikut ini akan dijelaskan 5 jenis kain pakaian yang umumnya sering digunakan industri tekstil yang perlu anda ketahui.

Mengenal 5 Jenis Kain Pakaian yang Umumnya Sering Digunakan Dalam Industri Tekstil

  1. Katun
    Jenis kain pakaian yang pertama adalah katun. Jenis kain yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Bahan kain ini dibuat dari serat kapas dan menjadi bahan pakaian yang banyak diminati. Hal ini disebabkan karena bahan katun memiliki permukaan yang halus serta nyaman dipakai. Dengan serat yang ringan dan kuat menjadikan bahan kain yang satu ini sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu hingga sekarang.
  2. Rayon
    Jenis kain pakaian yang berikutnya adalah rayon. Bahan yang satu ini memang berbeda dengan katun karena rayon merupakan serat sintetik yang terbuat dari kayu dengan kadar selulosa yang tinggi. Ciri khas dari bahan rayon ini adalah bahannya yang lembut serta mempunyai daya serap yang baik sehingga tidak terkesan panas saat dipakai.
  3. Spandek
    Bahan yang satu ini memiliki sifat yang kuat, elastis serta mempunyai ketahanan terhadap gosokkan yang tinggi. Bahan spandek juga mudah menyerap keringat sehingga biasanya bahan ini digunakan untuk pembuatan baju olahraga dan blazer wanita.
  4. Brokat
    Kain pakaian  yang satu ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian formal karena memiliki kesan yang elegan dan mewah. Selain itu ada banyak brokat yang dibuat menggunakan bahan sutra serta ditambahkan dengan hiasan yang mewah.
  5. Chiffon
    Kain pakaian yang satu ini memiliki ciri khas bahan yang lembut, transparan dan halus serta bisa mengikuti bentuk badan. Oleh karena itu kain chiffon biasanya disarankan untuk dipakai orang-orang yang berbadan gemuk namun bahan ini cenderung bersifat panas.

Baca juga https://kepofashion.com/

Itulah beberapa penjelasan mengenai 5 jenis bahan kain pakaian yang umumnya sering digunakan untuk industri tekstil. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa menambah wawasan seputar jenis bahan kain.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *