Mengenal Bagian-Bagian Kemeja dan Fungsinya

Kemeja adalah pakaian yang identik dengan pria. Kemeja pria memiliki bagian-bagian yang tidak dimiliki oleh kemeja wanita. Apa saja bagian-bagian kemeja pria? Simak penjelasannya berikut ini.

Kerah (Collar)

Kerah merupakan bagian penting dan menjadi ciri khas kemeja. Semua kemeja, baik yang lengannya panjang ataupun pendek memiliki kerah. Kerah kemeja berbeda-beda bentuknya, ada yang menyebut 6 jenis, 8 jenis dan 12 jenis.

Berikut ini adalah sebagian jenis kerah kemeja pria beserta penjelasannya

  • Straight collar adalah kerah yang sering ditemui. Kerah ini dapat ditemui pada kemeja model formal maupun kasual.
  • Club collar atau rounded collar bentuknya bulat. Kerah ini bisa dipadukan dengan dasi ataupun tidak. Lebih cocok digunakan oleh pria yang memiliki wajah tirus. Bagian ujung kerah yang bentuknya membulat bisa membuat wajah terlihat lebih berisi.
  • Button down collar adalah bentuk kerah kemeja yang bentuknya hampir sama dengan straight collar. Perbedaannya adalah pada bagian ujung kerahnya terdapat kancing yang ukurannya kecil. Kemeja yang memiliki kerah ini bisa dipadukan dengan dasi.
  • Cutaway collar adalah kerah yang memiliki bentangan lebih besar dibandingkan dengan kerah lainnya. Kerah ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki leher panjang dan ramping. Bisa dipadukan dengan dasi bersimpul besar.
  • Tab Collar adalah kemeja yang memiliki penahan di bagian tengahnya yang berfungsi merapatkan kerah jika menggunakan dasi. Kerah ini cocok bagi Anda yang memiliki leher panjang.
  • Spread collar adalah jenis kerah kemeja yang memiliki bentuk lebih lebar dibandingkan dengan straight collar. Cocok digunakan untuk acara formal dengan paduan blazer dan dasi.

Baca Juga : GAYA BERPAKAIAN YANG BISA MEMBUAT TUBUH TERLIHAT LEBIH LANGSING

Lengan

Berdasarkan bentuk lengannya, kemeja dibagi menjadi dua yaitu: kemeja lengan pendek dan lengan panjang. Kemeja lengan panjang umumnya digunakan untuk acara formal, sedangkan lengan pendek digunakan untuk acara kasual.

Cuff

Cuff atau disebut juga manset adalah bagian yang harus terlihat saat menggunakan jas. Aturannya cut tidak boleh terlihat lebih dari 1,5 inchi dan tidak boleh kurang 1 inchi.

Placket

Placket adalah bagian kemeja yang letaknya ada di bagian kiri depan kemeja berupa lubang untuk kancing yang berbaris vertikal.

Yoke

Yoke adalah bagian kemeja yang menghubungkan bagian depan dengan belakang. Yoke meutupi tulang bahu. Ada dua jenis yoke, yaitu one piece (untuk kemeja formal) dan two piece (untuk kemeja non formal).

Pleat

Pleat di desain sesuai dengan postur punggung pria yang umumnya tidak rata. Pleat terbagi menjadi dua, yaitu: box pleat dan side pleat. Namun ada beberapa jenis kemeja yang didesain tanpa pleat.

Demikian pembahasan mengenai bagian-bagian kemeja pria. Dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak lagi bingung memilih kemeja yang tepat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *