Mengenal Baju Adat Masyarakat Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah propinsi di Indonesia yang terletak di kawasan Pulau Jawa. Propinsi ini selain dikenal sebagai pusatnya destinasi wisata alam, juga dikenal sebagai propinsi dengan beragam kebudayaan. Salah satu budaya dari Propinsi Jawa Tengah yang memang belum begitu dikenal oleh para generasi muda di Indonesia adalah jenis busana adat yang dimiliki oleh propinsi yang satu ini. Meskipun busana adat dari Propinsi Jawa Tengah, sebenarnya telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan ketika mereka menghadiri sebuah acara formal, namun tidak semua orang yang menggunakannya mengenal nama dari busana tersebut. Bagi Anda yang memang belum begitu mengenal baju adat Jawa Tengah, berikut bahasan mengenai busana tersebut.

 Mengenal Baju Adat Masyarakat Jawa Tengah

Secara umum pakaian adat dari daerah Jawa Tengah ini dibagi atas 2 jenis, yang memang khusus diperuntukkan sesuai dengan gender para penggunanya. Untuk pakaian pria sendiri biasanya setelah 2 piece yang berupa bawahan dan atasan menjadi ciri utama dari busana adat pria tersebut. Untuk busana adat bagi para pria di Jawa Tengah, biasanya akan ditampilkan dalam paduan berbagai bagian sebagai berikut, yang antara lain adalah: 

  • Beskap merupakan bagian atasan untuk busana adat pria yang memiliki bentuk hampir mirip dengan sebuah jas. Bagian atasan yang digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah akan berbeda dengan wilayah lain, karena memang memiliki kancing yang didesain menyamping dan tidak tegak lurus.
  • Jarik merupakan bagian bawahan yang digunakan sebagai baju adat Jawa Tengah, dimana untuk pengaplikasiannya, biasanya akan di balutkan dari bagian pusar perut memanjang ke bawah. Pada bagian pinggang biasanya akan diberikan kain khusus yang berfungsi sebagai sabuk dan pemisah antara bagian atas dan bawah busana.
  • Blangkon merupakan jenis penutup kepala tradisional yang memang banyak digunakan oleh masyarakat di pulau jawa. Ciri khusus dari blangkon milik masyarakat Jawa Tengah ini adalah bentuk mendolan atau kepala pada blangkon terlihat lebih pipih.

Selain ketiga bagian utama dari busana adat Jawa Tengah, terdapat satu bagian yang berfungsi sebagai aksesoris untuk busana adat pria tersebut, yaitu keris. Aksesoris ini biasanya akan banyak diletakkan pada bagian pinggang belakang, dengan cara diselipkan pada kain sabuk yang membatasi bagian atasan dan bawahan dari busana adat pria Jawa Tengah tersebut. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

Untuk baju adat wanita Jawa Tengah sendiri, biasanya akan dapat Anda temukan dibuat dalam bentuk kebaya kutu baru, ataupun jenis atasan kebaya lainnya. Untuk jenis bawahan sendiri biasanya para wanita di Jawa Tengah akan juga menggunakan jarik dengan berbagai motif, yang dibalut dengan cantik pada bagian bawah busana. Kain sabuk pun juga biasanya akan dapat Anda temukan pada jenis busana adat wanita tersebut.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *