Mengenal Jenis Kain Spunbond Berdasarkan Ketebalannya

Banyak jenis kain yang bisa Anda temukan di pasaran dan salah satunya adalah kain spunbond. Karena namanya yang tidak terlalu familiar, tidak sedikit yang tidak mengerti jenis apa kain ini. Kain spunbond lebih dikenal dengan nama kain furing, akan tetapi kain ini merupakan sejenis dari kain furing sintetis yang menggunakan bahan polypripylen dengan serat panjang yang terikat serta tersusun kuat lewat proses kimiawi.

Kain spunbond terbuat dari biji plastik atau tetapi kain furing ini termasuk sebagai kain yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya. Keunggulan lainnya selain kuat sehingga cocok untuk dijadikan sebagai bahan membuat goodie bag, yaitu:

  • Bahan ini juga mempunyai ketahanan yang tinggi akan bahan kimia.
  • Anti bakteri dan virus.
  • Trahan terhadap panas hingga suhu sekitar 140oC.
  • Tidak menimbulkan polusi.
  • Bisa di daur ulang sehingga ramah lingkungan.

Baca juga: MENGENAL 4 JENIS KAIN YANG SERING DIPAKAI DALAM PEMBUATAN BUSANA

Jenis kain yang memiliki tekstur yang halus dan cukup tebal yang menyerupai kain keras ini dapat digunakan untuk membuat beragam jenis barang seperti untuk keperluan industri, bidang pertanian misalnya untuk membungkus bunga, peralatan rumah tangga. Di bidang kesehatan, kain spunbond ini digunakan untuk membuat masker serta tutup kepala yang disposable. Jika Anda memiliki kain ini, cara penyimpanan yang tepat adalah dengan digulung. Tujuannya adalah agar motif kain, jika Anda menggunakan kain furing yang bermotif, bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. Sedangkan jika sudah dibuat atau diolah misalnya menjadi goodie bag, pastikan jika tidak menggunakan deterjen saat mencuci dan menggosoknya terlalu keras sehingga warna tidak mudah memudar.

Kain yang disebut juga dengan pur kertas atau kain kapas ini memiliki 3 jenis tingkatan ketebalan bahan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertama adalah kain spunbond 50 gr. Kain dengan ketebalan 50 gr ini merupakan kain spunbond yang paling tipis jika dibandingkan dengan 2 jenis spunbond yang lainnya. Umumnya, kain kapas ini dipergunakan untuk kemasan pembungkus tas wanita yang kerap Anda temui saat Anda baru pertama kali membeli tas baru.

2 jenis kain spunbond lainnya berdasarkan pada tingkat ketebalan bahannya yaitu:

  • Kain spunbond 75 gr. Jenis bahan ini adalah jenis yang paling banyak untuk dipergunakan membuat goodie bag yang biasa Anda temui di pasaran. Kain fur 75 gr ini mempunyai tingkat ketebalan yang sedang dengan tekstur cukup halus sehingga dapat dikombinasikan dengan bahan lain atau dibuat untuk beberapa model tas dan mudah untuk dijahit.
  • Kain spunbond 100 gr. Kain ini adalah yang paling tebal diantara ketiga jenis spunbond yang lainnya. Dengan bahan yang cukup tebal, kain ini memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik dibandingkan 2 yang lainnya sehingga bisa digunakan untuk membuat tas yang berfungsi untuk membawa barang yang cenderung lumayan berat.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *