Mengenal Lebih dalam Tentang Gamis Syar’i, Abaya

Abaya merupakan salah satu jenis pakaian wanita yang menutupi seluruh bagian badan untuk wanita sebagai penutup aurat yang disarankan oleh hukum agama Islam. Biasanya, jenis pakaian ini terbuat dari katun yang dapat mudah menyerap keringat dan pakaian ini juga biasanya terbuat dari sutra. Model pakaian tidak memiliki banyak corak dan biasanya berwarna hitam. Gamis syar’i ini biasanya digunakan oleh negara yang mayoritas Islam misalnya di Arab Saudi.

Pada umumnya, ciri-ciri dari abaya yaitu: 

  • Pakaian jenis ini berbentuk jubah yang menutup seluruh anggota badan dari tubuh bagian atas hingga mata kaki.
  • Jenis pakaian ini biasanya terbuat dari serat sintetik yang berwarna hitam dan terkadang dihiasi bordiran berwarna
  • Biasanya diikat hingga tertutup rapat dan terkadang dikombinasikan dengan scarf kepala atau cadar

 Mengenal Lebih dalam Tentang Gamis Syar’i, Abaya

Abaya atau baju gamis disebutkan sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu di peradaban kuno Mesopotamia. Untuk jenis baju gamis yang ada di Mesir, Syria dan Arab Saudi, penggunaan baju ini agak berbeda dengan yang lain karena negara-negara tersebut menerapkan hukum syariat Islam yang ketat terutama di Arab Saudi. Sehingga untuk penggunaan gamis syar’i ini yang terlihat hanya pada bagian telapak tangan dan mata karena nutup tubuh secara sempurna dan tidak memperlihatkan lekukan tubuh.

Beberapa jenis abaya yang ada di pasaran, terutama di luar negeri dibuat dengan jenis bahan tertentu misalnya dari satin. Jenis dan bahan pembuat baju tersebut diantaranya yaitu: 

  • Gamis asli Arab Saudi dibuat dari kain jenis fursan, Maliki atau alifleal dan satin
  • Jenis dari Qatar dibuat dari jenis kain Internet Crepe, Nida, Saudi Crepe, Lexus, Sati
  • Jenis dari Dubai biasanya menggunakan jenis kain Nida, Internet Crepe, Lexus, Satin dan Firdous

 Di Timur Tengah, penggunaan abaya berwarna hitam, putih dengan tambahan bordir. Penggunaan warna warni yang berbeda dari warna pada umumnya, menimbulkan kontroversi terutama di negara dengan hukum Islam yang ketat. Di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Islam, sebagian juga menggunakan jenis baju ini. Sebelum emilih gamis syar’i tersebut, terdapat beberapa tips yang dapat membantu diantaranya yaitu: 

  • Memastikan bahan gamis yang memiliki tekstur lembut dan jatuh. Pastikan juga bahan yang dipergunakan untuk membuat gamis tersebut adalah bahan yang tebal sehingga tidak transparan dan mempertontonkan lekuk tubuh penggunanya.
  • Hindari dalam pemilihan baju yang memiliki tekstur mengkilap untuk menghindari kesan tubuh yang lebih besar. Jika Anda memiliki tubuh besar, hindari pemilihan motif besar. Pilih baju dengan garis ukuran kecil atau sedang jika Anda ingin menerapkan motif garis.
  • Untuk menunjang penampilan, dapat menggunakan heels dan heels dapat membantu mencegah bagian bawah baju yang kotor karena bersinggungan langsung dengan tanah.

 Baca juga https://kepofashion.com/

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *