Mengenal Lebih Dekat Gelang Bahar dan Manfaatnya

Gelang bahar atau gelang akar bahar adalah gelang yang saat ini sedang trend dan banyak dicari di pasaran karena kaya akan manfaat. Gelang ini biasanya digunakan oleh mereka yang mempercayai khasiatnya dipandang dari segi medis maupun mistis. Ada juga yang mencari gelang ini hanya sebagai pengikut trend saja dan digunakan tidak lebih sebagai hiasan fashion semata. Apapun bentuknya penggunaan dari gelang ini, tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih dekat apa itu gelang bahar dan manfaat apa saja yang didapat saat memakainya.

Mengenal Lebih Dekat Gelang Bahar dan Manfaatnya

Gelang bahar terbuat dari akar bahar. Maksudnya secara harfiah, gelang ini berasal muasalnya adalah akar dari laut. Tapi jangan salah… akar bahar bukanlah akar tumbuhan laut. Padahal apabila diteliti, akar bahar sebenarnya termasuk dalam keluarga Anthozoa. Family dalam tingkatan biologi ini dikhususkan untuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Nama latin akar bahar adalah Euplexaura sp dan dan termasuk klasifikasi Octocorallia yang dapat ditemukan di kawasan laut Afrika Timur hingga Indo-Pasifik.

Sebenarnya banyak jenis akar bahar, namun secara umum hanya 3 jenis saja yang sering digunakan, yaitu akar bahar hitam, akar bahar putih, dan akar bahar merah. Dan dari ketiganya, hanya akar bahar hitam saja yang penemuannya tidak memerlukan kerumitan. Selain dibuat menjadi gelang bahar, akar bahar juga dapat digunakan untuk cincin dan pipa rokok.

Dari segi medis memang penelitian tentang penggunaan akar bahar untuk tubuh ini belum terbukti. Namun banyak penggunanya yang telah mengklaim jika menggunakan gelang bahar dapat membantu vitalitas tubuh untuk lebih baik. Hal ini karena kandungan berbagai macam senyawa alaminya dan juga pancaran radioaktifnya membantu pengaturan ion dan energi yang lebih teratur. Ion yang stabil tentu berpengaruh positif pada sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, akar bahar dipercaya dapat mengurangi dan menyembuhkan hipertensi, rematik, hingga asam urat dan lain sebagainya.

BACA JUGA: APA YANG DIMAKSUD DENGAN GELANG BAHAR? SIMAK ULASAN LENGKAPNYA BERIKUT INI!

Dari segi gaib, akar bahar dikenal sebagai cambuk Nabi Sulaiman dalam membelenggu jin jahat. Mereka lantas dipenjarakan di dasar lautan dan akar baharlah yang menjadi talinya. Oleh sebab itu, banyak praktisi supranatural yang meyakini bahwa setan akan ketakutan dan tidak berani mengganggu orang yang memakai gelang bahar. Bahkan, gelang ini juga dipercaya dapat menangkal ilmu hitam maupun sihir yang sifatnya merusak manusia.

Gelang bahar asli akan tenggelam jika ditaruh dalam air. Gelang ini juga jadi agak lunak saat terkena panas api. Jika gelang ini terkena noda atau kotor, membersihkannya cukup dengan air saja. Meskipun memiliki manfaat dari segi mistis, namun tidak ada ritual dan pantangan tertentu saat menggunakannya. Hanya cukup dengan minyak zaitun sebagai polesan agar gelang ini tetap berkilau seperti baru.

Itulah gelang bahar dan khasiatnya dari medis maupun mistis yang banyak dicari orang. Semoga bermanfaat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *