Mengulas Elemen Batik Air pada Semen Rama yang Tidak Banyak Diketahui Masyarakat Indonesia  

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia sangat kaya dan kental akan keberanekaragaman atas suku dan budaya yang berdiri di Tanah Air ini. Dari begitu banyak budaya yang ada, masyarakat Indonesia sampai sekarang tetap berusaha untuk melestarikan beberapa jenis budaya tersebut sebisa mereka. Salah satu peninggalan budaya Indonesia yang sangat khas sekali hingga dikenal oleh manca negara adalah batik Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kain batik dan motifnya sendiri, namun seperti yang diketahui, ada beberapa cerita di balik kain tersebut, selain hanya menjadi salah satu warisan budaya saja. Salah satu yang harus Anda ketahui adalah keberadaan batik airMungkin hal ini sangat asing untuk Anda, namun nyatanya hal ini menjadi salah satu elemen terpenting dari peninggalan tersebut. Hal tersebut karena diketahui bahwa setiap batik pastinya memiliki 3 elemen, yakni:

 

Daratan

Elemen atau jenis ornament pertama yang pastinya hampir terdapat dalam setiap model batik yang ada di Indonesia adalah elemen daratan. Hal tersebut biasanya dapat diwujudkan dari beberapa bentuk, seperti tumbuh-tumbuhan atau pun binatang yang memiliki empat kaki. Hal ini tentu sangat sering kita temui dalam beberapa jenis batik, seperti misalnya Sudagaran, Tambal, Tujuh Rupa Pekalongan, Lasem, Pring Sedapur Magetan, dan lain sebagainya. Tentunya beberapa jenis batik dengan motif ini pastinya memiliki tingkat estetika yang sangat mengagumkan.

 

Laut

Jenis elemen lainnya selain daratan adalah segalanya yang berhubungan dengan lautan. Salah satunya ini adalah batik air, yaitu dimana motif batiknya memakai gambar yang serupa dengan gambaran air, atau pun yang memiliki motif menyerupai segala benda yang ada di lautan, adanya gambar yang serupa dengan ikan mau pun katak, dan beberapa hewan yang terlihat dan hidup di dalam air. Salah satu jenis batik yang menyerupai seperti sisik ikan adalah batik Kawung yang berasal dari Jawa.

Baca Juga : MOTIF BATIK AIR YANG KINI SEDANG TREN

Udara

Jenis elemen atau ornament terakhir yang paling banyak dan juga sering dipergunakan sebagai motif batik Indonesia adalah segala hal yang berhubungan dengan udara. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan beberapa bentuk, seperti misalnya dengan motif awan, motif beberapa jenis burung seperti garuda dan mega mendung. Salah satu jenis batik yang menggunakan elemen ini adalah batik asal Cirebon yaitu Mega Mendung yang sangat khas dengan motif awannya.

 

Dari segala elemen yang disebutkan di atas, salah satu jenis batik yang memiliki ketiga elemen tersebut dan termasuk ke dalam salah satu jenis batik air yang paling terkenal di Indonesia adalah Semen Rama yang kerap dikaitkan dengan cerita tentang kerajaan Ramayana. Di dalamnya, Anda bisa menemukan beberapa motif yang menggambarkan air, tumbuh-tumbuhan, binatang berkaki empat, burung, dan lain sebagainya. Batik jenis ini juga sering kali dikaitkan dengan paham Tribawana atau Triloka.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *