Pengaruh Budaya Korea Terhadap Fashion Terkini Masyarakat Indonesia

Tak dapat dipungkiri bahwa budaya Korea yang masuk ke Indonesia lewat jalur pop seperti musik dan drama banyak memberikan pengaruh terhadap gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama para remaja. Dari segi tampilan dan fashion terkini pun banyak yang mengadopsi gaya para artis Korea yang banyak ditampilkan di video klip serta drama yang diperankan.

Proses penyebaran budaya Korea di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia mempunyai istilah Hallyu atau Korean Wave atau Gelombang Korea. Budaya Korea yang mengalami penyebaran ke seluruh dunia ini sebenarnya bukanlah budaya tradisional Korea, akan tetapi budaya yang tercipta karena adanya selera atau tuntutan pasar.

Adanya budaya pop Korea yang berkembang di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara termasuk Indonesia menjadi bukti adanya ekspansi yang cukup masif. Hal ini pun bisa dilihat dari jenis tontonan, buku, film yang dibuat oleh orang Indonesia banyak yang mengambil setting di Korea, termasuk juga fashion terkini yang dipakai pun banyak mengadopsi budaya pop Korea.

Budaya Pop Korea memang berkembang cukup pesat di Indonesia yang mana perkembangan ini mulai terasa sejak tahun 2009 lalu. Budaya populer yang disebarkan oleh Korea merupakan dimensi konkret yang berwujud dalam musik, film, drama, makanan, program televisi, serta bahasa.

Budaya Korea yang masuk ke Indonesia terbilang sukses, hal ini terlihat dari semakin banyaknya penggemar musik dan drama yang semakin hari semakin bertambah.

Baca juga: PENAMPILAN AYU TING-TING DENGAN KOREAN STYLE

Oleh karena itu bisa disebut juga bahwa budaya pop Korea adalah wujud dari globalisasi dalam dimensi budaya dan komunikasi. Jika lebih ditelusuri lebih dalam, saat ini tak sedikit remaja penggemar Korea yang mulai belajar percakapan-percakapan pendek dengan bahasa Korea yang dipelajari lewat lagu, film, dan drama.  

Selain itu, pakaian dengan gaya Korea juga banyak digunakan oleh para remaja, misalnya dress korea, kaos Korea, juga gaya style rambut yang banyak berkiblat pada gaya-gaya artis Korea yang mereka lihat di video klip musik maupun drama Korea.

Remaja sekarang pun banyak yang berpikiran jika belum hits dan kekinian jika belum mengikuti style Korea, belum hafal lagu-lagu Korea, serta belum menonton serial drama episode terbaru.

Apalagi saat ini juga marak adanya media sosial, sehingga perkembangan budaya Korea pun semakin masif sehingga kita seringkali lupa bahwa Indonesia juga memiliki beragam budaya yang tak kalah megah dan cantik.

Mengikuti gaya fashion terkini dari budaya pop Korea memang tak ada salahnya, akan tetapi jangan sampai pula lupa atau bahkan abai terhadap budaya negeri sendiri, Indonesia, karena meski bangsa ini memiliki banyak kekurangan, seperti masih maraknya korupsi, namun budaya Indonesia jangan pernah dilupakan dan harus terus dilestarikan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *