Street Style Dress Korea Tradisional

Korean wave, atau dikenal juga dengan istilah Hallyu, yang secara harfiah berarti “gerakan Korea” masih santer diikuti oleh banyak penggemarnya di hampir seluruh belahan dunia. Tak terkecuali trend fashionnya. Model dress Korea yang unik menjadikannya banyak disukai oleh wanita dan pria. Kini, street style dress Korea tradisional lah yang sedang happening terutama di Seoul.

Pakaian Korea tradisional yang paling terkenal adalah hanbok, yaitu pakaian tradisional pada era Joseon yang digunakan saat perayaan dan festival tradisional. Hanbok dipakai oleh pria dan wanita dengan potongan yang sedikit berbeda. Hanbok untuk wanita terdiri dari jeogori, yaitu atasan blus atau jaket lengan panjang, dongjeong, yaitu kerah yang mengitari bagian leher jeogori, otgoreum, pita dasi yang memanjang vertikal, dan chima, rok panjang mengembang. Sedangkan hanbok untuk pria terdiri dari jeogori dan baji (celana panjang yang longgar).

Para fashionista terutama para wanita di Korea sedang keranjingan mengenakan dress Korea hanbok lengkap atau pakaian yang dipadupadankan dengan satu atau dua bagian hanbok saja atau dimodifikasi sehingga bernuansa hanbok. Hanbok lengkap dapat terlihat keren dan modern bila dipadankan dengan sepatu keds. Atau jeogori yang dipadankan dengan rok pensil dan stiletto akan cocok digunakan untuk acara formal. Dress kasual dengan aksen dongjeong dan otgoreum juga membuat dress terlihat lebih imut. T-shirt atau tank top dengan bawahan chima juga dapat diaplikasikan. Dan banyak lagi mix and match hanbok lainnya.

Tren ini tidak hanya ramai di Korea tetapi juga di negara lainnya. Setelah trend fashion pakaian tradisional kimono dari Jepang dan cheongsam dari Cina, kini para designer dunia membuat karya bertemakan hanbok. Hanbok disukai para designer untuk dijadikan trend fashion karena potongannya yang cukup sederhana sehingga varian model modifikasinya lebih banyak. Hanbok juga memiliki pola dan corak yang khas dan indah. Dan harganya pun itdak terlalu mahal.

Tren fashion pakaian tradisional akan terus ada, karena keunikan dari setiap pakaian tradisional dari berbagai negara memberi kesan tersendiri dan menjadi penghargaan terhadap budaya itu. Juga agar budaya-budaya itu tidak hilang ditelan jaman. Di Indonesia sendiri tren fashion busana tradisional yaitu kebaya yang dibuat modern pernah booming beberapa tahun yang lalu. Walaupun peminatnya belum terlalu banyak pada kalangan remaja dan wanita muda.

Mungkin dengan munculnya tren fashion dress Korea tradisional hanbok ini yang memang lebih condong mengarah ke gaya anak muda, designer-designer Indonesia dapat terpacu untuk menciptakan model-model kebaya yang cocok untuk kalangan muda dan dapat dipakai untuk fashion street style. Dan kemudian tren itu dapat mendunia seperti tren hanbok. Selamat bereksperimen dengan hanbok ladies.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *