Tampil Gaya dengan Celana DIY Ripped Jeans Wanita

Denim merupakan salah satu kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian ataupun tas dan sepatu atau jenis aksesoris dan pelengkap pakaian lainnya. Salah satu jenis pakaian yang menggunakan bahan denim adalah jeans. Celana yang cocok digunakan saat menghadiri acara informal atau kasual tersebut dapat digunakan oleh pria atau wanita. Jeans yang saat ini sedang popular adalah ripperd jeans atau jeans sobek yang dapat dibuat dari jeans wanita ataupun jeans pria.

Untuk membuat ripped jeans, Anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan celana jeans yang Anda miliki di rumah sehingga dapat lebih berhemat. Sebelum Anda merobek sendiri atau do it yourself, Anda harus menyiapkan celana jeans terlebih dahulu. Anda dapat memilih jenis skinny jeans, boot cut, classic cut atau jenis jeans lainnya sesuai dengan selera Anda. Sebaiknya pilih jeans yang sudah agak usang sehingga terlihat lebih keren, terlihat lebih realistis daripada jika menggunakan jeans baru dan jika tidak sesuai dengan harapan Anda, Anda tidak terlalu kecewa.

Setelah Anda menyiapkan jeans, persiapkan alat yang akan digunakan untuk membuat ripped jeans Anda. Alat yang diperlukan yaitu:

  • Jika Anda ingin membuat lubang besar pada jeans, siapkan gunting, pisau cukur ataupun pisau yang tajam atau jenis pisau lipat.
  • Untuk memberikan kesan usang, Anda dapat menggunakan amplesat, sabut baja, parutan keju ataupun menggunakan batu apung.
  • Pinset dan jarum untuk menarik serat jeans.

Gunakan pensil untuk memberikan tanda pada jeans wanita Anda yang akan dipotong atau dirobek. Bagian yang biasanya akan dirobek yaitu di bagian lutut, paha tengah ataupun paha bagian atas dekat kantong depan dan di bagian tulang kering. Anda dapat menandainya saat Anda menggunakan jeans tersebut sehingga saat digunakan, misalnya ketika menekuk lutut Anda, lubang tidak bertambah besar dan terlihat kurang bagus.

Letakkan jeans di bidang datar misalnya di lantai kemudian selipkan kayu sehingga saat Anda merobek misalnya menggunakan pisau yang tajam tidak merusak bagian belakang celana. Untuk memberikan kesan belel atau lusuh dan berumbai, gunakan amplas atau sabut baja. Amplas ini juga dapat melonggarkan serat. Cara ini dilakukan jika Anda ingin membuat agar celana Anda nantinya terdapat rumbai namun jika Anda menginginkan ripped jeans yang biasa misalnya hanya berlubang, Anda dapat melewatkan langkah ini.

Langkah selanjutnya untuk membuat ripped jeans sendiri yaitu:

  • Longgarkan serat dan buat menjadi berumbai. Gunakan pinset atau jarum untuk menarik serat dari bagian yang Anda buat usang dengan amplas.
  • Membuat lubang dengan menggunakan pisau ataupun gunting. Potong di bagian yang telah Anda tandai sebelumnya atau di sekitar bagian yang telah di amplas sebelumnya.
  • Untuk merobek lebih dalam atau besar, Anda dapat merobeknya sendiri dengan menggunakan tangan hingga benang sedikit keluar dan robekan menjadi lebih alami. Namun jangan terlalu banyak membuat robekan karena akan terkesan tidak rapi. Buat 1-2 lubang jika robekan yang dibuat agak besar.
  • Agar lubang tidak bertambah besar, gunakan jahitan di sekitar tepi lubang dan gunakan benang biru atau putih. Anda dapat menjahit dengan menggunakan mesin ataupun dengan jahitan tangan.

Tips saat ataupun setelah Anda membuat ripped jeans wanita yaitu:

  • Segera cuci jeans setelah dirobek untuk membuat kesan jeans terlihat lebih usang.
  • Jangan membuat robekan di dekat robekan yang lainnya karena dapat membuat jahitan terlepas.
  • Kesan jeans lebih usang juga dapat Anda dapatkan dengan memercikkan larutan pemutih pada jeans.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *