Tips Gaya Berpakaian Rapi untuk Melamar Pekerjaan

Berpakaian merupakan salah satu cara untuk menghormati diri sendiri dan orang lain. Dengan menggunakan pakaian yang pantas, rapi dan sopan, orang akan memandang Anda dengan hormat dibandingkan jika Anda menggunakan pakaian yang kurang rapi atau kurang sopan. Lalu bagaimana jika Anda berada dalam posisi akan melamar kerja? Situasi melamar kerja adalah situasi dimana Anda harus bersikap sesempurna mungkin agar si pemberi lowongan kerja memandang Anda sebagai pribadi yang pantas untuk lowongan pekerjaan tersebut. Dalam hal ini gaya berpakaian juga akan dinilai sebagai bentuk penilaian terhadap karakter dan kerapian diri.

Agar proses melamar pekerjaan menjadi lebih mudah dan berkesan, pastinya Anda harus menggunakan pakaian kerja yang rapi, sopan dan bersih. Namun setiap pelamar kerja juga akan melakukan hal yang sama sehingga sulit bagi Anda untuk mendapatkan perhatian lebih jika tidak melakukan sesuatu yang lebih. Dalam hal berpakaian, berikut ini adalah sedikit tips yang bisa Anda lakukan saat melamar pekerjaan.

  • Persiapkan busana yang akan dikenakan dengan sebaik mungkin.

Pilih busana yang sesuai untuk dikenakan di malam sebelumnya. Setrika pakaian dan berikan sentuhan pengharum untuk busana Anda. Menyiapkan pakaian bukan hanya setelan yang akan dipakai saja namun juga kaos kaki serta sapu tangan jika Anda sering menggunakannya.

  • Tambahkan aksesoris.

Gaya berpakaian rapi pasti adalah hal yang utama, namun Anda perlu melakukan hal yang lebih untuk bisa menarik perhatian. Gunakan aksesoris yang simple namun eye catching, misalnya untuk wanita adalah bros atau pin. Sedangkan untuk pria bisa menggunakan dasi dengan motif unik. Bagi pewawancara akan melihatnya sebagai kepercayaan diri yang bisa Anda tunjukkan untuk orang lain.

  • Semir sepatu.

Jangan menganggap sepatu adalah barang yang tidak akan terlihat. Dengan sepatu yang mengkilat dan bersih akan menambah point bagi kerapian dan kebersihan diri Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk Anda yang akan melamar pekerjaan. Agar terlihat lebih rapi, maka gunakan busana formal seperti kemeja, celana panjang, jas dan juga blazer. Tampil profesional meski belum tentu diterima bekerja adalah satu bentuk komitmen pada diri sendiri yang nantinya bisa dinilai sebagai point positif oleh si pewawancara.

Selain gaya berpakaian yang rapi, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa test yang mungkin dilakukan. Yang paling penting adalah bersikap wajar namun spontan dan rasional. Jangan karena malu atau kurang percaya diri Anda justru lupa dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Dalam hal melamar kerja, pemilik keahlian dan pemberi kerja sebenarnya berada di pihak yang sama-sama membutuhkan sehingga Anda tak perlu takut untuk bertatapan muka langsung atau menunjukkan kebolehan yang dimiliki.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *