Tips Membeli Batik Wanita dengan Kualitas yang Bagus Dari Pekalongan

Batik adalah warisan seni klasik secara turun temurun dan memiliki arti penting dalam kebudayaan masyarakat Jawa. Batik Pekalongan mulai berkembang pada mas Kerajaan Mataram Islam atau sekitar pada abad 17 masehi. Dalam dokumen yang dimiliki oleh V.O.C menyebutkan bahwa sudah ada pengiriman kain dari Pekalongan ke Batavia pada tahun 1740an. motif batik dari Pekalongan identik dengan motif jlamprang, meskipun banyak motif butaken dan yang lainnya. Batik Pekalongan diproduksi dalam bentuk baju batik wanita, pria, anak-anak, dewasa maupun tua.

Motif batik jlamprang yaitu motif yang berbentuk seperti titik dari Yogyakarta yang juga disebut motif geometris yang berupa lingkaran ataupun segitiga. Motif batik ini terinspirasi dari para pedagang asal Gujarat, India. Terdapat dua pendapat yang berbeda akan makna dari motif jlamprang, yaitu makna yang pertama yaitu dikaitkan dengan budaya Islam yang selalu menjaga silaturahmi dan hidup rukun. Dan makna kedua adalah lebih condong kearah filosofi masyarakat Hindu. Sehingga memakai batik adalah suatu kebanggaan tersendiri.

Baca juga: BERAGAM MODEL DRESS BATIK DENGAN MOTIF CANTIK YANG AKAN MEMBUAT PENAMPILAN ANDA LEBIH ISTIMEWA

Bagi Anda yang ingin memakai baju batik dan ingin mendapatkan kualitas yang bagus beberapa tips berikut ini bisa Anda gunakan:

  1. Memperhatikan jenis batik yang akan dibeli, batik tulis ataukah batik cetak. Batik tulis biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dari pada batik cetak
  2. Bahan yang dibuat untuk baju batik yaitu kain serat nanas, kain sutra, kain paris, kain katun, dan kain mori.
  3. Pastikan warna batik ketika Anda raba atau pegang tidak menempel pada tangan Anda.
  4. Telitilah saat melihat kualitas cetakan kain batik, kain yang bagus cetakan dalam dan luar akan sama.

Dari beberapa tips diatas saat Anda memilih kain batik, pilihlah kain batik yang dingin dikulit Anda karena itu adalah kualitas yang bagus. Kain batik yang dibuat untuk batik wanita, pria ataupun anak-anak dengan jenis kain yang dingin biasanya tidak akan mudah kusam, meskipun dicuci berkali-kali. Ketika membeli baju batik yang tampak kaku, itu bukanlah suatu masalah karena baju batik tersebut akan lunak ketika sudah dicuci. Jadi cermatlah dalam memilih dan membeli kain ataupun baju batik agar sesuai dengan keinginan Anda.

Demikian tips mencari batik dengan kualitas yang bagus. Cobalah pergi ke toko dan terapkan tips diatas agar kamu mendapatkan baju batik wanita, pria ataupun anak-anak sesuai dengan yang Anda inginkan dengan kualitas yang bagus. Baju batik sangat cocok untuk dipakai dalam berbagai acara, seperti bekerja, menghadiri hajatan ataupun untuk kuliah. selain terlihat lebih formal menggunakan batik adalah ikut serta dalam melestarikan kebudayaan bangsa agar tidak dicuri oleh negara asing.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *