Tips Memilih Bahan Kebaya untuk Pengantin yang Cantik dan Elegan

Dalam budaya Indonesia, pemakaian kebaya pada acara pernikahan masih jadi pilihan sebagian besar orang. Karenanya, pemilihan bahan kebaya pengantin menjadi sangat penting, terutama bagi pengantin wanita. Bahan kebaya yang dipilih sebaiknya menonjolkan kecantikan pemakainya dan memberikan kesan elegan serta nyaman digunakan. Ada banyak jenis bahan yang dapat dipilih untuk membuat kebaya pengantin. Karena itu, cek juga tips memilih bahan kebaya untuk pengantin yang cantik dan elegan berikut ini.

Brokat dan Tila

Tidak semua orang dapat membedakan bahan brokat dan tila ini, karena keduanya merupakan satu jenis bahan yang sama, yakni lace. Perbedaan utama brokat dan tila adalah pada desainnya.

Brokat memiliki desain lebih sederhana, padat dan tidak timbul. Selain itu juga tidak memiliki banyak aplikasi aksesoris. Brokat juga memiliki kerapatan benang lebih padat dibanding tila. Sementara itu tila mmeiliki desain timbul dan banyak aplikasi aksesoris.

Jadi, jika Anda ingin kesan sederhana dalam kebaya pengantin, maka pilihkan bahan brokat. Tapi jika Anda ingin kesan lebih mewah, maka bahan tile dengan banyak aplikasi desain bisa jadi pilihan tepat.

Baca Juga: TREN BAJU BATIK MUSLIM KOMBINASI UNTUK TAMPIL KEKINIAN

Organdi dan Sutera

Salah satu ciri utama bahan organdi adalah tektur lembut dan berkilau. Kesan mewah dihadirkan jenis bahan ini jika digunakan sebagai kebaya. Meski demikian, ternyata bahan organdi masih belum umum digunakan sebagai kebaya pengantin. Tidak berbeda dengan organdi, bahan sutera juga masih cukup jarang digunakan sebagai bahan utama untuk kebaya pengantin.

Sifon

Kekhasan sifon adalah sifatnya yang jatuh bila dikenakan. Selain itu, sifon juga halus dan lembuat. Jika ingin menggunakan bahan sifon pada kebaya pengantin, sebaiknya gunakan sebagai selendang kebaya.

Karena itu, sebaiknya sifon tidak digunakan sebagai bahan utama kebaya pengantin. Bahan seperti organdi, sutera maupun sifon lebih cocok digunakan sebagai bahan pelengkap pada kebaya pengantin.

Puring

Bahan wajib lain dalam kebaya pengantin adalah bahan puring. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk melapisi bahan brokat atau tila, dengan tujuan menutupi bagian tubuh dengan sempurna. Ini dilakukan karena ciri khas brokat atau tila yang transparan.

Untuk mendapatkan kebaya pengantin yang sempurna, bahan puring ini wajib ada. Pastikan saat memilih puring disesuaikan dengan warna kebaya yang digunakan agar tampak lebih sempurna. Puring memiliki macam yang beragam, pilih saja yang nyaman digunakan dan tidak membuat tergores atau kepanasan.

Demikian tadi tips bahan kebaya untuk kebaya pengantin. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang dan akan melangsungkan pernikahan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *