Tips Merawat Jam Tangan Kulit dengan Benar Agar Bisa Tahan Lama

Jam tangan merupakan salah satu aksesoris tangan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Fungsinya tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun bagi pria maupun wanita aksesoris yang satu ini bisa digunakan untuk memaksimalkan penampilan. Bagi pria, jam tangan bisa membuat penampilan si pemakai menjadi terlihat lebih keren dan macho. Sementara bagi wanita akan menambah kesan anggun dan stylish. Sama seperti aksesoris pada umumnya, Anda perlu merawat jam tangan yang dimiliki agar senantiasa awet dan tahan lama. Terlebih jika mengingat harganya yang terkadang sangat fantastis. Tentu akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar.

 Tips Merawat Jam Tangan Kulit dengan Benar Agar Bisa Tahan Lama

Biasanya jam tangan dari bahan kulit berkualitas menjadi pilihan para pria maupun wanita karena memiliki ketahanan dan fungsi yang tinggi. Selain itu jam tangan kulit juga dinilai lebih mudah diterapkan untuk acara santai, semi formal, hingga yang formal sekalipun. Sama seperti benda berbahan kulit lainnya, jam tangan kulit memerlukan perhatian ekstra agar awet dan tahan lama. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam merawatnya, antara lain:

  • Menyimpan jam tangan di tempat yang tidak lembab.

Pastikan tempat penyimpanan kering dan suhu ruangan normal. Karena tempat yang lembab bisa menyebabkan bahan kulit mudah rusak. Jika disimpan dalam laci maka pastikan laci memiliki lubang untuk keluar masuknya udara. Anda juga bisa menyimpan jam tangan dalam kotak khusus agar aman dan lebih awet. Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu suhu udara terlalu ekstrim sehingga mudah merusak jam tangan kulit.

  • Rutin dibersihkan.

Anda bisa merawat jam tangan kulit dengan senantiasa rutin membersihkannya. Jam tangan yang bersih akan lebih awet dan terhindar dari kuman atau bakteri yang bisa merusak bahan. Cara membersihkannya terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan tissue atau kain yang sedikit basah untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Untuk mengeringkannya cukup dengan diangin-anginkan saja, tidak perlu menggunakan bantuan alat pengering.

  • Membersihkan bagian tali jam tangan kulit.

Tali jam juga tidak boleh terlewat dari perhatian. Bersihkan tali jam tangan kulit secara rutin. Selain bisa membuat tali jam menjadi lebih awet, juga bisa menghindarkan dari kemungkinan tangan terkena iritasi akibat kuman atau bakteri yang menempel di tali jam tangan.

Baca juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

  • Gunakan tissue sebagai alas.

Ada beberapa orang yang mudah sekali berkeringat, terutama dipergelangan tangan. Keringat berlebih yang menempel pada tali jam bisa menyebabkan karat pada jam tangan kulit. Karena pada keringat memiliki kandungan garam yang bisa memicu karat. Untuk itu Anda bisa merawat jam tangan kulit dengan mengalasinya terlebih dahulu dengan tissue agar pergelangan tangan tidak bersentuhan langsung dengan jam tangan.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *