Tips Merawat Kalung dari Bahan Logam Agar Tidak Cepat Pudar dan Berkarat

Umumnya wanita sangat menyukai berbagai jenis aksesoris berupa perhiasan. Perhiasan sendiri bisa menjadi aksesoris yang menunjang penampilan si pemakai menjadi lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri serta bisa bergaya tanpa harus bersusah payah. Adapun perhiasan yang cukup banyak disukai oleh para wanita adalah kalung. Jenis aksesoris wanita yang satu ini bisa dikenakan sesuai dengan busana yang dipakai juga menyesuaikan dengan bentuk leher si pemakai. Model, bentuk, bahan, serta harganya sangat bervariasi, sehingga saat memilihnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Tips Merawat Kalung dari Bahan Logam Agar Tidak Cepat Pudar dan Berkarat

Model dan bahan dasar pembuatan, biasanya menjadi pembeda untuk cara perawatannya. Untuk yang berasal dari bahan dasar logam mulia atau bahan perak atau metal akan rentan mengalami pudar karena seringnya pemakaian dan minimnya perawatan. Warna perhiasan yang pudar tentu tidak akan menarik dilihat. Sehingga jika sebagian besar aksesoris yang Anda miliki terbuat dari bahan-bahan dasar tersebut, maka Anda harus memahami dan menerapkan dengan baik cara perawatan yang baik dan benar.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kalung yang Anda miliki dari bahan dasar logam agar tidak mudah pudar dan berkarat.

  • Memperhatikan tempat penyimpanan yang baik dan benar.

Untuk aksesoris perhiasan yang terbuat dari bahan metal dan perak akan beresiko cepat pudar warna dan kilaunya jika terkena udara terbuka. Untuk itu simpanlah aksesoris perhiasan ini di tempat yang kedap udara, seperti kotak perhiasan.

 

  1. Memberikan perlindungan ekstra.

Untuk yang terbuat dari bahan dasar metal dan perak, simpan secara terpisah dari yang berbahan dasar emas. Simpanlah tersendiri dan dimasukkan ke dalam kantung plastik kedap udara. Karena jika disimpan secara bersamaan akan berpotensi terjadi gesekan pada permukaannya. Anda bisa menggunakan container plastik yang memiliki sekat pemisah.

  • Meletakkan sepotong kapur atau bungkusan berisi karbon atau silica gel di sekitar area penyimpanan.

Biasanya bungkusan-bungkusan ini sering kita temukan saat membeli sepatu baru. Karbon atau silica gel akan membantu menyerap lembab dan menjaga kondisi penyimpanan tetap kering.

  • Mengenakan aksesoris setelah selesai menggunakan parfum.

Parfum memiliki kandungan kimia yang bisa merubah warna dan kilau aksesoris perhiasan dengan drastis.

  • Gunakan kain khusus untuk mengelap perhiasan dari bahan metal dan perak.

Bahan kain ini karena sangat kesat akan mampu mengembalikan kilau perhiasan dari bahan metal dan perak. Setelah pengelapan, basuhlah dengan air hangat untuk merawatnya lebih ekstra.

  • Membersihkan seluruh permukaan metal secara berkala.

Gunakan air dan shampo khusus bayi untuk membersihkannya. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian dengan model yang rumit. Keringkan dengan sempurna sebelum disimpan kembali.

  • Mengoleskan cat kuku berwarna bening untuk mempertahankan warna dan kilaunya, terutama untuk yang berasal dari bahan metal dan perak.

  • Hati-hati saat menggunakannya untuk aktivitas olahraga maupun berenang.

BACA JUGA: TIPS MEMILIH KALUNG SESUAI NECKLINE DAN REKOMENDASI MODEL KALUNG WANITA UNTUK ANDA

Hal ini karena keringat bisa menjadi faktor yang bisa merusak kualitas dan warna kalung dari bahan dasar metal dan perak.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *