Tips Merawat Kaos Wanita Agar Tidak Melar

Kaos merupakan jenis pakaian yang hampir dimiliki oleh semua orang, tidak terbatas hanya untuk para pria saja. Untuk wanita, kaos bisa menjadi item fashion untuk kegiatan casual yang nyaman dan tetap menarik. Kaos wanita bisa dipadukan dengan berbagai macam outer yang beraneka ragam. Selain itu juga bisa dipadukan dengan bawahan berupa rok ataupun celana sesuai dengan selera masing-masing.

 Tips Merawat Kaos Wanita Agar Tidak Melar

Kaos biasanya lebih sering dipakai dibandingkan dengan jenis pakaian lain. Karena bahannya yang nyaman, sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Karena terlalu sering dipakai tak jarang kita mendapati kaos kesayangan kita menjadi melar, terutama pada bagian leher. Padahal sering kita sadari jika di awal – awal pembelian kaos masih sangat pas dengan ukuran badan. Tentu hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Entah itu karena cara memakai atau cara perawatan pada kaos yang salah. 

Nah, jika ingin kaos wanita tidak melar maka Anda perlu mencari solusi perawatan yang baik dan benar, mulai dari proses pencucian hingga saat menyimpannya dalam lemari. Berikut ini ada beberapa tips yang sekiranya bisa membantu Anda dalam merawat kaos agar tidak mudah melar, antara lain:

  • Mencuci kaos dengan air dingin.

Agar terhindar dari kemungkinan kaos melar, maka saat mencuci pergunakan air dingin. Hindari menggunakan air panas untuk mencuci karena kaos akan mudah melar dan serat kain menjadi berbulu.

  • Tidak merendam kaos terlalu lama.

Untuk noda yang membandel, Anda bisa merendam kaos untuk beberapa saat sampai kotoran semakin terangkat. Namun jangan terlalu lama merendamnya, cukup selama 30 menit saja. Karena jika terlalu lama direndam akan menyebabkan kaos mudah luntur.

  • Hindari menyikat kaos.

Untuk membersihkan kotoran cukup di gosok dengan tangan saja dan hindari menyikat kaos. Karena jika disikat, bahan kaos bisa melar dan tekstur permukaannya akan berbulu.

  • Memisahkan kaos berdasarkan warna saat mencucinya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kaos terkena lunturan warna dari kaos lainnya. Selain itu juga bertujuan agak kaos tidak mudah melar.

  • Menghindari penggunaan pemutih pakaian.

Penggunaan pemutih akan membuat kaos berubah teksturnya menjadi lebih kasar dan tipis. Sehingga memungkinkan kaos berubah menjadi melar.

  • Menjemur kaos tanpa bantuan hanger dan dibalik.

Bagian leher kaos sering cepat disadari cepat melar dibandingkan bagian lainnya. Hal ini bisa dikarenakan penggunaan hanger atau gantungan baju untuk menjemur atau menyimpannya. Untuk itu, jika tidak ingin kaos melar jangan menggunakan hanger saat menjemur kaos. Selain itu untuk agar warna tidak pudar, balik baju saat menjemur. Dengan bagian buruk kaos berada di bagian luar.

Baca juga artikel menarik lainnya di kepofashion.com

  • Menyetrika dengan suhu sedang.

Saat menyetrika, atur suhu dalam suhu panas yang sedang. Pergunakan kain untuk melapisi kaos saat disetrika, terutama untuk bagian yang terdapat sablon.

  • Menyimpan kaos dalam keadaan terlipat.

Jangan menyimpan kaos wanita dalam kondisi digantung dengan hanger karena akan menyebabkan melar, terutama pada bagian leher. Setelah disetrika, lipat kaos dan simpan di dalam lemari.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *