Tips Merawat Pakaian Muslim Bahan Kaos Agar Awet

Bahan kaos menjadi pilihan pakaian banyak orang karena nyaman dikenakan. Selain itu, kaos juga cocok digunakan oleh siapa saja. Seiring perkembangan zaman, pakaian muslim pun merambah bahan kaos. Meski banyak digunakan, ternyata tidak semua orang tahu cara merawat pakaian muslim berbahan kaos. Tips merawat pakaian muslim bahan kaos agar awet berikut bisa membantu Anda.

Waktu Perendaman dan Mencuci

Sebelum dicuci, pada umumnya pakaia direndam terlebih dahulu dalam air yang sudah dicampur detergen. Untuk pakaian muslim berbahan kaos, sebaiknya perendaman tidak dilakukan terlalu lama. Cukup 30 menit saja untuk merendam atau bisa lebih lama untuk pakaian dengan noda membandel. Selain itu, gunakan juga air dingin. Warna pada bahan kaos lama kelamaan akan pudar, karenanya saat mencuci sebaiknya tidak digunakan terlalu banyak detergen. Selain itu yang tidak kalah penting adalah jangan mencampur detergen bersama dengan pewangi atau pelembut pakaian.

Pisahkan Warna

Seperti umumnya pakaian berwarna, saat mencuci kaos pisahkan juga pakaian muslim bahan kaos berwarna putih dengan yang mudah luntur. Kalau perlu, pisahkan juga tingkat kekotoran pakaian bahan kaos. Untuk pakaian muslim kaos yang terlalu kotor, dapat dibilas terlebih dahulu. Ini dilakukan agar kotoran tidak menempel kembali saat dicuci bersamaan.

Hindari Menyikat Pakaian

Pada umumnya pakaian muslim berbahan kaos berasal dari katun yang lembut. Karenanya, sangat disarankan untuk tidak menyikat bahan ini karena akan merusak tekstur kain. Selain itu, sebaiknya juga tidak melakukan pengucekan yang terlalu kuat saat mencuci dengan tangan. Dan terakhir, hindari memeras kain terlalu kuat agar pori-pori kaos tidak melebar dan tidak merusak sablon.  

Jemur dalam Keadaan Terbalik

Untuk mempertahankan warna pakaian muslim berbahan kaos, sebaiknya penjemuran dilakukan dalam keadaan terbalik. Bagian dalam berada di luar dan bagian luar atau bersablon berada di dalam. Ada baiknya juga tidak menjemur di tempat yang sangat terik dalam waktu yang terlalu lama. Setelah cukup kering, segera angkat pakaian muslim berbahan kaos tersebut.

Baca Juga: CARA TEPAT DALAM MEMADUKAN STYLE BARU DENGAN JAKET TERBARU

Hindari Hanger Saat Menjemur

Pada saat dicuci, pakaian muslim bahan kaos menyimpan air dalam seratnya, sehingga  pakaian akan tertarik ke bawah oleh gaya gravitasi akibat berat air tersebut. Karena itu, saat menjemur pakaian muslim berbahan kaos sebaiknya tidak menggunakan hanger yang bisa membuat kaos menjadi mulur. Selain itu, perhatikan juga cara perawatan yang tertera pada label kaos itu sendiri.

Hindari Setrika Terlalu Panas

Pada jenis bahan kaos tertentu memang sangat baik jika disetrika. Tetapi, sebaiknya gunakan panas yang sedang saja agar bahan tidak cepat rusak. Setelahnya, lipat simpan dalam almari tetapi tidak dengan digantung. Ini untuk mempertahankan serat bahan kaos itu sendiri.

Demikian tadi beberapat tips merawat pakaian muslim berbahan kaos agar tetap awet. Semoga bermanfaat.  

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *