Tips Pakai Jilbab untuk Pemula

Saat ini semakin banyak wanita yang menggunakan hijab, akan tetapi ada pula yang masih bingung atau canggung bagaimana agar bisa tampil cantik saat memakai jilbab atau hijab. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips pakai jilbab yang bisa diaplikasikan untuk pemula:

  1. Menutup Aurat dan Tidak Transparan

Hal pertama yang harus diketahui adalah pakailah jilbab yang menutup aurat serta tidak transparan ketika dikenakan, khususnya pada bagian rambut serta leher. Jika jilbab yang digunakan transparan, bisa diakali dengan menggunakan ciput atau ninja yang menutupi rambut serta leher.

  1. Pilih Busana yang Tepat

Berjilbab tentunya harus disesuaikan pula dengan busana yang dikenakan. Pilih pakaian yang longgar serta memiliki warna yang senada atau serasi dengan jilbab yang digunakan. Baju yang longgar akan menyamarkan bentuk tubuh penggunanya, pilih yang tidak menerawang serta nyaman dikenakan. Apabila mengenakan jilbab dengan busana yang serasi maka rasa percaya diri akan muncul.

  1. Sesuaikan Model Jilbab dengan Bentuk Wajah

Saat ini jilbab memiliki tampilan yang beraneka ragam, oleh karena itu ketika menggunakannya harus disesuaikan dengan bentuk wajah penggunanya. Apakah pengguna jilbab memiliki bentuk wajah yang oval, kotak, bulat, segitiga, dan lain sebagainya. Sesuaikan bentuk wajah dengan dengan gaya atau model jilbab yang akan dipakai. Misalnya, apabila memiliki wajah panjang, maka akan cocok jika mengenakan ciput atau inner ninja pada bagian dalam sehingga wajah akan tampak lebih padat. Sedangkan bagi yang memiliki wajah bulat bisa mengenakan jilbab dengan bentuk jilbab pada bagian samping yang menutupi pipi agar wajah terlihat oval.

Baca juga: MODEL FASHION HIJAB SYAR’I

  1. Perhatikan Warna Kulit

Tips pakai jilbab selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan memperhatikan warna kulit. Bagi yang mempunyai kulit putih, maka semua warna jilbab cocok untuk dikenakan. Untuk yang mempunyai kulit langsat sebaiknya mengenakan jilbab dengan warna-warna keemasan seperti orange, cokelat, serta karamel. Sedangkan bagi yang mempunyai kulit berwarna sawo matang, maka bisa memakai jilbab dengan warna-warna gelap seperti hitam, maroon, dan ungu. Sedangkan bagi yang memiliki kulit berwarna gelap bisa menggunakan warna-warna netral yang lembut.

  1. Pilih Bahan yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih jilbab dengan bahan yang tepat. Pilih jilbab yang tidak membuat gerah dan bisa menyerap keringat sehingga tidak akan terasa kepanasan. Pilih juga bahan jilbab yang lembut karena hal ini akan mempengaruhi kenyamanan penggunanya. Jangan pilih bahan yang kasar karena akan membuat penggunanya merasa tak nyaman atau bahkan gatal-gatal karena memiliki kulit sensitif.

Itulah beberapa tips pakai jilbab yang bisa diaplikasikan untuk pemula agar tak hanya memenuhi perintah agama, namun juga sekaligus bisa tampil lebih cantik dan percaya diri ketika menggunakan jilbab.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *